60 Tahun Panasonic Gobel Membangun Industri & Nilai Tambah Perekonomian Indonesia

0
145

Jakarta,- Tepat 3 April 2020, kemitraan Panasonic dan Gobel indonesia genap memasuki usia 60 tahun. Banyak prestasi yang berhasil dicapai selama enam dasawarsa tersebut. Kontribusi Panasonic Gobel mendapat banyak apresiasi. Dia adalah pionir dalam industri elektronika nasional.

Menyambut 60 tahun berkiprah Indonesia, Panaonic, secara virtual meluncurkan produk besutannya yang terbaru. Untuk setiap produknya, tak diragukan lagi, Panasonic selalu menenteng banyak tekhnologi terdepan. Setiap tekhnologi panasonic dititikberatkan pada kemudahan pengoperasian dan kesehatan pengguna. Ini sesuai dengan keinginan baik dari Panasonic dalam rangka berbagi sehat untuk semua, sebagaimana kampanye: #SehatnyaUntukSemua.

Kemarin (23/4), giliran dispenser teranyar Panasonic memasuki pasar Indonesia. Panasonic Water Dispenser dirancang untuk pengguna menjadi lebih sehat karena menggunakan proses ozonisasi untuk membunuh bakteri-bakteri yang membahayakan. Tersedia dalam 2 varian, NY-WDB83MA-W dan NY-WDB83MA-K dalam dua varian warna dominan, putih dan hitam mutiara.

Water Dispenser NY-WDB83MA-W dan NY-WDB83MA-K merupakan bukti komitmen dan kontribusi positif Panasonic Gobel secara terus menerus terhadap kinerja industri elektronika di Tanah Air. Panasonic terus berinovasi menambah produk-produk baru berikut juga meningkatan kapasitas produksinya melalui kegiatan investasi, ekspor, alih teknologi dan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan berdaya saing global.

“Sejak awal pendiri perusahaan ini, Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel berkomitmen ingin membangun industri sebagai jalan untuk berbhakti memajukan Indonesia. Demi mewujudkan cita-cita tersebut, Pak Gobel kemudian memilih melakukan kerjasama, joint venture dengan Matshushita (Jepang) karena sama-sama memiliki visi membangun industri dan melakukan investasi jangka panjang di Indonesia,”ujar Rachmat Gobel, Putra Pendiri sekaligus President Commisioner PT Panasonic Gobel Indonesia, dalam keterangan persnya yang dikirim ke redaksi.

Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel adalah seorang entrepreneur sejati dan diakui sebagai industriawan tangguh yang memiliki rasa nasionalisme serta berpandangan jauh ke depan. Langkah besarnya diawali pada tahun 1954, ketika dia memutuskan mendirikan PT Transistor Radio Manufacturing di Cawang, Jakarta yang memproduksi radio transistor pertama di Indonesia dengan merek “Tjawang”.

Tahun 1960, untuk mengembangkan usaha industrinya, PT Transistor Radio Manufacturing dan Matsushita Electric Industrial Co. Ltd (Japan) menjalin kerjasama. Sepuluh tahun kemudian, kedua perusahaan tersebut sepakat meningkatkan kerjasamanya dengan membentuk joint venture, PT National Gobel, perusahaan assembling & manufacturing (pembuatan) peralatan elektronik rumah tangga.

Sejak itu, perusahaan-perusahaan di bawah naungan Panasonic Gobel terus berkembang, melalui berbagai pasang surut. Bendera perusahaan juga berganti, dari PT National Gobel menjadi PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI). Namun, ada satu hal yang tidak pernah berubah, yakni tekad membangun industri dan nilai tambah untuk perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, Panasonic Gobel tidak hanya membangun pabrik, tapi juga membangun manusia Indonesia yang unggul agar bisa melakukan alih teknologi, serta tidak kalah pentingnya tetap menjaga hubungan baik dengan semua pemangku kepentingan seperti masyarakat, pemerintah termasuk perguruan tinggi dan media massa. Sebagai salah satu langkah kongkrit, tahun 1979 didirikanlah Yayasan Matsushita Gobel yang memiliki visi menciptakan masyarakat Indonesia yang cerah dan sejahtera.

“Hal ini sesuai filosofi pohon pisang yang selalu dipegang bapak Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel. Beliau mengajarkan agar kami terus berjuang dan pantang menyerah. Seperti pohon pisang yang tak mau mati sebelum berbuah dan selalu ingin menebar manfaat. Sementara, filosofi yang diajarkan oleh Matsushita tentang air mengalir, yakni agar perusahaan selalu memberi manfaat kepada masyarakat. Hasil dari keduanya, lahirlah visi misi Panasonic untuk membangun kedua negara, Indonesia dan Jepang serta berkontribusi kepada masyarakat,”ujar Seigo Saifu, President Director PT. Panasonic Gobel Indonesia (PGI).

Kedua filosofi itu kemudian dikemas dengan tagline “A Better Life, A Better World” yang dijadikan landasan Panasonic dalam berbisnis. Di usianya ke-60, Panasonic Gobel telah mengembangkan lini produk yang banyak disukai masyarakat, antara lain air conditioner (AC) yang sangat akrab di benak masyarakat, dispenser, pompa air, mesin cuci, kulkas, TV, audio, kipas angin dan berbagai produk solusi yang diperuntukkan untuk segmen B2B/B2G Panasonic di Indonesia.

Di tengah berbagai tantangan seperti adanya wabah covid-19, Panasonic Gobel tetap akan melangkah ke masa depan dengan optimistis. Bahkan PT PGI sedang berupaya, bekerja keras memenuhi kebutuhan produk-produk elektronik premium sesuai kebutuhan masyarakat, baik pasar domestik maupun ekspor. Panasonic sebagai brand terpercaya di Indonesia menghadirkan teknologinanoe tm ” yang mampu menghilangkan bau, menonaktifkan pertumbuhan virus ,bakteri dan jamur serta efektif dalam menghilangkan debu, melalui produk-produk seperti AC, Ventilating Fan, hingga Air Purifier dan tersedia di toko online dan offline. Utk menciptakan ruangan yg nyaman dan sehat. Sirkulasi udara dalam rumah yang sehat serta bebas ,virus, bakteri dan jamur dapat membantu tubuh lebih sehat.

***○○○***

Grup Panasonic di Indonesia

Panasonic Corporation merupakan salah satu pemimpin dalam pengembangan teknologi elektronik di dunia, baik untuk konsumen rumah tangga, bisnis, industri, serta perlengkapan pribadi. Sejak didirikan pada tahun 1918, Panasonic telah dan memiliki lebih dari 500 perusahaan konsolidasi di seluruh dunia. Berkomitmen untuk memberikan nilai lebih bagi konsumen melalui inovasi teknologi di segala bidang, Panasonic mendukung terciptanya kehidupan dan dunia yang lebih baik bagi konsumennya. Di Asia Pasifik, Panasonic muncul pertama kali dengan mendirikan pabrik pertamanya di Thailand pada tahun 1961. Di Indonesia sendiri, Panasonic memiliki sejarah yang sangat panjang dan melekat di hati semua rakyat Indonesia. Dimulai dengan kehadiran radio ‘Tjawang’ oleh Almarhum Drs. H. Thayeb Moh. Gobel pada tahun 1954, TV pertama di tahun 1962, hadirnya brand National di tahun 1970, sampai pada akhirnya mengganti nama National dan menggunakan nama Panasonic di tahun 2004. Hingga saat ini, Panasonic di Indonesia tetap merupakan brand elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif, mulai dari audio visual, kamera, AC, kulkas, mesin cuci, dan lainnya.

Untuk informasi tentang Panasonic, silakan kunjungi website kami di: panasonic.com/id

Customer Care Center: 0804-1-111-111

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Viya Arsawireja
Head of Corporate Communications – PT. Panasonic Gobel Indonesia
Jl. Dewi Sartika 14 (Cawang II), Jakarta 13630__ Phone: +62-21-8090108
E-mail: corp.comm.@id.panasonic.com

□□□□■□□□□

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here