Pentingnya Penerapan Teknologi Terkini Guna Peningkatan Mutu Layanan Para Dokter Gigi Indonesia

0
710

Jakarta, 16 Mei 2017 Guna memacu perkembangan layanan dan teknologi kedokteran gigi Indonesia serta memajukan ilmu kedokteran gigi, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Indonesia Prosthodontic Society (IPROSI) dan Ikatan Konservasi Gigi Indonesia (IKORGI) bersama 3M Indonesia untuk pertama kalinya akan mengadakan simposium “3M Dental Expo” yang bertajuk Advanced Science Applied in Daily Dentistry” bagi 1.000 dokter gigi.

Kegiatan akan diselenggarakan pada 20 & 21 Mei 2017 mendatang bertempat di Hotel Shangri-La Jakarta, merupakan bentuk komitmen berkelanjutan 3M dalam melakukan edukasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan dokter gigi kepada masyarakat Indonesia.

Menilik, adanya permasalahan penyakit gigi dan mulut yang merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang paling sering diderita oleh masyarakat Indonesia, menjadi alasan utama adanya pengadaan kegiatan simposium ini.

Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2013, prevalensi nasional masalah gigi dan mulut sebesar 25,9%. Dimana diantaranya sebesar 72.3 persen penduduk Indonesia mengalami karies gigi. Sehingga sebabkan penyakit gigi dan mulut menduduki urutan pertama dengan prevalensi 61% penduduk Indonesia.

Dengan peranan gigi sebagai fungsi oral dan estetika, setiap orang ingin mempertahankan kesehatan dan keindahan giginya. Kendati demikian, peningkatan layanan kesehatan gigi yang belum merata serta, kebutuhan akan kemudahan akses untuk mengembangkan profesionalisme Dokter Gigi dan Tenaga Kesehatan Gigi lainnya perlu dilakukan terus di Indonesia.

(Kiri ke Kanan) drg. Andy Wirahadikusumah, Sp.Pros, Prostodontis, Spesialis Gigi Palsu (Pembicara di 3M Dental Expo) – drg. Ahmad Syaukani, Sp.Ort, Ketua PDGI Cabang Jakarta Pusat – Clifford Lang selaku Division Manager of Health Care PT 3M Indonesia.

drg. Ahmad Syaukani, Sp.Ort, Ketua PDGI Cabang Jakarta Pusat mengatakan, “Peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan jaringan gigi dan mulut saat ini memberikan pengaruh yang besar terhadap dunia kedokteran gigi. Tidak lagi karena mengeluh sakit saja, saat ini perbaikan estetika menjadi salah satu keluhan yang banyak disampaikan oleh pasien saat berkunjung ke dokter gigi. Tercapainya estetika yang baik dalam rangkaian perawatan gigi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan faktor kesuksesan perawatan lainnya, seperti fungsi bicara, pengunyahan, dan kenyamanan. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para dokter gigi. Para praktisi kedokteran gigi dituntut untuk lebih menguasai teknik-teknik yang secara spesifik dapat menilai masalah estetika yang ada pada pasien, menganalisis, menentukan rencana perawatan, sampai pada teknik-teknik khusus dalam melakukan perawatan gigi agar keberhasilan estetika dapat tercapai. Oleh karena itu, sebagai organisasi perhimpunan dokter gigi satu-satunya di Indonesia, hal ini merupakan suatu kewajiban bagi kami untuk dapat memfasilitasi para dokter gigi di Indonesia dengan informasi khususnya terkait perkembangan teknologi berbasis ilmu pengetahuan untuk dapat diterapkan sebagai solusi perawatan kesehatan gigi dan mulut.”

“Tahun ini, merupakan tahun pertama bagi kami, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan dua (2) asosiasi terkait dibawah naungan PDGI yakni Indonesia Prosthodontic Society (IPROSI) dan Ikatan Konservasi Gigi Indonesia (IKORGI) bersama 3M Indonesia mengadakan simposium 3M Dental Expo. Di mana fokus utama dari kegiatan yang akan berlangsung selama dua (2) hari tersebut adalah pembahasan pengembangan ilmu kesehatan gigi dan mulut dengan pengaplikasian teknologi guna meningkatkan profesionalisme dalam memberikan layanan kesehatan,” tambahnya.

Kolaborasi sinergis tersebut merupakan salah satu acara simposium dokter gigi yang terbesar di Asia Tenggara dan akan diadakan setiap tahunnya. Pada kesempatan ini para peserta akan difasilitasi oleh panel diskusi dengan narasumber dari lokal dan internasional guna membahas pengembangan teknologi kesehatan gigi dan mulut dengan pengaplikasian teknologi yang telah dikembangkan oleh 3M.

Kiri ke Kanan) Men Jung Tjoe, Country Business Leader of Health Care PT 3M Indonesia – Adrian Susanto, Director of PT Cobra Dental – Dr. drg. Rina Permatasari, Sp.KG, Dokter Gigi Spesialis Ortodonsia (Pembicara di 3M Dental Expo) – drg. Andy Wirahadikusumah, Sp.Pros, Prostodontis, Spesialis Gigi Palsu (Pembicara di 3M Dental Expo) – drg. Ahmad Syaukani, Sp.Ort, Ketua PDGI Cabang Jakarta Pusat – Clifford Lang selaku Division Manager of Health Care PT 3M Indonesia.

Men Jung Tjoe, Country Business Leader of Health Care PT 3M Indonesia menjelaskan “Simposium 3M Dental Expo ini merupakan bagian dari program 3M yaitu “1000 Education Series” yang selaras dengan program dari PDGI dalam memfasilitasi kegiatan edukasi untuk para dokter gigi Indonesia. Di dalam Simposium 3M Dental Expo yang berkolaborasi dengan PDGI, IPROSI, dan IKORGI, 3M menghadirkan 3 (tiga) Narasumber Internasional dan 6 (enam) Narasumber lokal yang akan memberikan edukasi berupa Seminar dan Workshop kepada para dokter gigi. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada dokter gigi tentang perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran gigi yang dapat diaplikasikan dalam praktek sehari-hari. Harapan kami, kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan dokter gigi kepada masyarakat Indonesia”

3M telah hadir di Indonesia selama lebih dari 40 tahun. Melalui divisi Oral Care, memiliki lebih dari 200 kategori produk diantaranya dua produk unggulan yaitu, FiltekTM Z350XT suatu produk komposit yang memiliki teknologi true nanofiller dan innovative methacrylate monomers yang berfungsi untuk meredakan tekanan polimerisasi, serta PentamixTM Lite sebagai mesin pencampuran bahan cetakan gigi, memiliki fungsi operasi secara otomatis, mudah digunakan, desain yang kompak dan portabel.

 

— Selesai –

Tentang 3M

Di 3M, sehari-hari kami menerapkan sains dengan berkolaborasi untuk membuat hidup lebih baik. Dengan penjualan sebesar USD30 milyar, 90.000 karyawan kami terhubung dengan konsumen di seluruh dunia. Anda dapat mempelajari solusi-solusi kreatif 3M dalam menjawab berbagai tantangan dunia di www.3M.com atau di Twitter @3M atau @3MNewsroom.

**********//$$$//**********

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here