Menilik Performa OPPO F3 Plus

0
315

Berbekal tekhnologi terdepan, Oppo jajaran atas pemain pasar gadget Asia terus menerus meretas pasar Indonesia yang besar dan sangat kompetitif sebagai upayanya going continue merajai pasar kawasan Asia Tenggara. Dalam kawasan, Oppo dengan ketat membayangi Samsung. Seolah tak ingin Samsung melenggang tenang, tak tanggung-tanggung, Oppo merilis 3 varian serie F teranyar : Oppo F3 Plus, Oppo F3 dan Oppo F1s New Edition menyusul beberapa serie F sebelumnya yang telah mengorbit setahun lalu seperti, Oppo F1s, dan Oppo F1 Plus.

Tampaknya, Oppo melalui ragam serie F ini ingin membagikan pengalaman unik pada setiap penggunanya yang tersebar pada berbagai level pangsa pasar

Performa dan Harga Oppo F3 plus

Oppo F3 Plus dibandrol dengan harga berkisar 6,4 juta rupiah. Menyandang sistem operasi Android OS v6.0 (marshmallow). Dual SIM, bekerja dalam jaringan GSM/HSPA/LTE dan WiFi (Wireless Fidelity) konektivitas 802.11 a/b/g/n/ac, didukung fitur Hotspot dan Bluetooth V4.1, LE, A2DP.

WiFi varian-varian Oppo rata-rata bukan hanya bisa bekerja dalam ruang sempit WLAN (Wireless Local Area Network) yang dibatasi dinding gedung, tetapi memang dirancang untuk bekerja dalam cakupan area cukup luas, WMAN (Wireless Metropolitan Area Network). Malah sebetulnya, perkakas WiFi pada Oppo F3 Plus sudah masuk katagorie WiMax karena pita frekuensinya telah menjangkau angka 5 dalam GigaHertz!

Konektifitas Bluetooth 4.1 yang juga dicangkokan pada Oppo F3 plus adalah perangkat teknologi yang paling tepat dan cepat untuk digunakan sebagai media transfer antar alat komunikasi pada jarak dekat. Bluetooth 4.1, LE (low energy) dirancang untuk begitu irit energi hingga, pengoperasiannya tak terlalu mempengaruhi kapasitas daya tahan baterei. Sementara, konfigurasi A2DP pada perangkat Bluetooth Oppo F3 Plus mendukung transfer data streaming audio dengan format MPEG-1, MPEG-2, MPEG-4, AAC dan ATRAC serta beberapa codec lainnya.

Talk Show performa Oppo F3 Plus beberapa waktu lalu (14 Mei 2017) bertempat di Mall Kelapa Gading 3. (Dari ki-ka : Aryo mewakili tim Oppo, Sanusi dan Gilang, keduanya dari tim redaksi tabloid dwi mingguan PULSA)

Oppo F3 Plus siap melakukan proses multitasking dalam satu waktu yang bersamaan tanpa buffer apalagi sampai nge-heng! Atau dengan kata lain,  Awas, berbalut harga bandrol 6,4 jutaan, kerja Oppo F3 Plus harus mampu multijob dan meskipun membawa beban berat penuh muatan, Oppo F3 Plus tetap harus cepat dan bertenaga, lho!”

Processor dalam kelas Octa Core (4×1,95 GHz Cortex A72 // 4×1,4 GHz Cortex A53) dengan chipset Qualcomm MSM 8976 Pro Snapdragon 653 || GPU Andreno 510 so pasti menjamin, Irit bahan bakar, mesin tetap bertenaga dan dapur bakar tetap dingin!” Oppo F3 Plus dalam operasi kerjanya bagai, menuruti sebuah petuah bijak, “Biar badan mandi keringat dan hati sudah panas tetapi, isi kepala harus tetap sedingin salju!”

Oppo F3 Plus dilengkapi dengan komplek area pergudangan internal yang besar yang memiliki daya tampung hingga, 64 GB data. Bila pengguna ingin memaksimalkan fasilitas storage pada Oppo F3 Plus dapat mensisipi microSD 256 GB pada slot SIM2.

Laju lalulintas dan daya pengolahan data pada gadget anyar ini didukung oleh ketersediaan ruang yang cukup lebar melalui pembenaman Memory dengan kapasitas hingga 4GB. RAM berdaya pacu sebesar 4GB menjamin kelancaran proses sirkulasi keluar masuk data tanpa perlu bermacet-macet ria. Oppo F3 Plus cocok dengan kebiasaan pengguna Indonesia yang pada umumnya kerap membiarkan puluhan aplikasi secara kontinyu berjalan bersamaan sekalipun, banyak diantara Aplikasi itu yang tidak sedang digunakan. Oppo F3 Plus sepertinya memahami, orang Indonesia ogah direpotkan dengan beban kewajiban putus sambung aplikasi!

Berdimensi panjang 163,6 mm x lebar 80,8 mm x tebal 7,4 mm dengan bentangan display 6.0 inch touchscreen dan itu berarti Oppo F3 Plus sebenarnya sudah masuk katagorie PhAblets, hasil pertemuan SmartPhone dan Tablet (display dibawah 7,0″ hingga 5,6 inch, merupakan ukuran layar perkasas komputansi PhAblets). Terintegrasi IPS (In Place SwitchingLCD (Liquid Crystal Display) dengan densitas layar sebesar 367 ppi dalam 16 juta resolusi warna, penggambaran yang solid akan jelas terpampang pada layar telah berada jauh di dalam jajaran WXGA (Wide EXtended Graphics Array) mencapai 1080 x 1920 pixel. Bahkan, berkat tekhnologi yang dilekatkan, membaca grafir pada display dibawah sinar mentaripun tidak memerlukan energi besar yang menguras daya baterei.

MP4/H.264 Player, MP3/eAAC + WAV/ Flac Player menjadi perkakas bunyi yang terintegrasi dalam badan Oppo F3 Plus. Aplikasi perkakas ini tersusun atas beberapa speakers dan mic yang dipadukan dengan manis hingga tercipta efek rasa ruang yang halus, harmoni dan tidak fals. Untuk melengkapi arus sirkulasi data input dan ouput audio video, F3 Plus memiliki Microphone-in/Headphone out 3,5 mm audio jack berikut, USB 2.0 port(s).

Pengoperasian Oppo F3 Plus ditunjang oleh baterei tanam Li-ion dengan kapasitas arus 4000 mAh untuk sanggup mempertahankan produktivitas dan mobilitas tinggi, setidaknya dalam hitungan jam.

Keistimewaan lain dari F3 Plus Selfie Expert terutama pada fitur kamera. Untuk kamera depan, F3 Plus mampu merekam gambar dalam kualitas kerapatan 16 MP (16 x 1.048.576. pixel) f/1,7 berbalut tekhnologi PDAF (Phase Detection Auto Focus) yang mampu mengunci fokus lebih cepat dan tepat hanya dalam hitungan 0,3 detik, baik saat obyek foto sedang bergerak, jauh ataupun dekat.

Selfie expert juga menerapkan tekhnologi OIS (Optical Image Stabilization) yang mempermudah pengambilan walaupun dalam keadaan tangan bergetar atau shake. Pada kamera depan gadget teranyar besutan Oppo ini, tersedia juga fitur Dual LED Flash, Geo Tagging, Touch Focus, Face Detection, Panorama, HDR, Video 1080p@30 fps. Tak luput, pengguna dapat dengan cepat berpindah ke fitur Wide Lens dengan kualitas 8 MP yang mampu merekam pelebaran objek segala keceriaan kumpulan dalam jarak dekat, atau F3 Plus memang sengaja disiapkan untuk nenambah serunya welfie beramai-ramai.

Menilik performa Oppo F3 Plus, meski belum masuk katagorie bandrol spesial, harga 6,4 jutaan merupakan bandrol yang sesuai. Meski demikian, F3 Plus patut mewaspadai performa kompetitor lain yang juga mengeluarkan varian anyarnya seperti, Samsung Galaxy C9 Pro berbandrol 6,7 jutaan dan Vivo V5 Plus yang dibandrol 5,4 jutaan.

Flash mob Oppo Dancer memeriahkan peluncuran F3 Plus dan F3 bertempat di Kelapa GadIng Mall 3 (14 Mei 2017)

*******000*******

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here