Tepat Hari Anti Korupsi, JK Melalui KEMENPAN RB Anugerahi Penghargaan Bagi 205 Instansi Negara Berpredikat WBK/WBBM

0
174

Wapres Jusuf Kalla (JK) melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB) menganugerahkan penghargaan atas nama bangsa bagi 205 instansi pemerintah dan kepada 7 pimpinan lembaga negara yang dinilai berhasil menerapkan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di seluruh unit kerjanya.

Ke-7 orang pimpinan yang dianugerahkan penghargaan itu adalah:

  1. Bachtiar Ali; Sekretaris Jenderal Badan Pemeriksa Keuangan
  2. Sunarto; Wakil Ketua Mahkamah Agung
  3. Sri Mulyani; Menteri Keuangan 
  4. Yasonna Laoly; Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia 
  5. Airlangga Hartarto; Menteri Perindustrian yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kemenperin Harris Munandar
  6. Prasetyo; Jaksa Agung 
  7. Tito Karnavian, Kapolri yang diwakili Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto.

Penghargaan khusus juga diberikan kepada Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi diwakili Wamenlu Abdurchaman Facher. Keduanya dianggap giat mendorong terciptanya Zona Integritas (ZI) dalam rangka mencapai WBK/WBBM di kementerian masing-masing.

Dalam sambutannya, JK menjelaskan perbedaan WBK dengan WBBM dalam ungkapan, “WBK adalah emas dengan bintang empat, sedangkan WBBM ibarat platinum atau bintang limanya.”

“Tapi selain bersih, pelayanan perlu juga cepat, karena dunia usaha memerlukan kecepatan yang pada gilirannya akan terjadi percepatan pertumbuhan ekonomi,” tambah JK

Sementara, Menpan-RB, Syafruddin menyatakan, dipilihnya penganugerahan penghargaan bertepatan dengan perayaan Hari Antikorupsi, sebagai wujud apresiasi terhadap unit-unit kerja yang menerapkan reformasi birokrasi yang bersih dari korupsi sekaligus cepat melayani namun, bebas dari pungli. Dari 900 unit kerja pemerintah yang diusulkan untuk meraih penghargaan pada tahun 2018 ini, 5 unit kerja memperoleh status Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), sementara 200 lainnya meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

——00000——

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here