“Tembang Lingsir” Kidung Magis yang Siap Menguji Nyali!

0
866

Lingsir Wengi (Menjelang Tengah Malam) Lingsir wengi………
Lingsir wengi sliramu tumeking sirno….

Ojo Tangi nggonmu guling….

Awas jo ngetoro…..
Aku lagi bang wingo wingo…..
Jin setan kang tak utusi
Jin setan kang tak utusi
Dadyo sebarang
Wojo lelayu sebet……

Demikian sepenggal lirik kidung penidur bayi masyarakat Jawa yang telah dikenal turun temurun abad demi abad, Lingsir Wengi. Tembang ini, bila dinyanyikan dalam tempo lambat dengan fluktuasi nada yang rendah dan intonasi kuat yang mengiris hati akan memunculkan aroma mistis yang sangat kental. Bahkan, tembang ini sudah dicap oleh masyarakat Jawa awam sebagai sebuah lagu undangan bagi segenap dedemit warakayangan. Tengok saja satu bagian dari sya’ir Lingsir Wengi yang artinya, Jin setan yang ku utus…. Jadilah apa saja.…dst

Berangkat dari kisah momok ratusan tahun masyarakat Jawa tentang tembang Lingsir Wengi inilah, Produser Film Nasional Dheeraj Kalwani melalui MD Pictures & Dee Company menggandeng Sutradara horor kenamaan Indonesia, Rizal Mantovani untuk membesut film “Tembang Lingsir“. Sebuah kisah teror yang memiliki banyak teka-teki mistis di dalamnya.

Menyongsong penayangan serentak pada 31 Januari 2019 di seluruh jaringan bioskop nasional, trailer “Tembang Lingsir” diluncurkan kemarin (10/12) dengan bertempat di Bioskop Metropole, Cikini. Hadir dalam peluncuran, Dheeraj Kalwani, Rizal Mantovani berikut deretan pemeran inti pendukung “Tembang Lingsir” Marsha Aruan, Teuku Rifnu Wikana dan Meisya Siregar.

Tidak tanggung-tanggung, membesut “Tembang Lingsir” Rizal sepertinya memadukan berbagai jenis teror sekaligus. Dari teror ghaib, teror nyata hingga teror sulur-sulur pohon yang menjalar memburu! Menyimak trailer “Tembang Lingsir” pada kecanggihan cinematografi horornya, film ini rasanya mampu menjajari beberapa film besutan Hollywood sekaligus.

Para Stake Holder “Tembang Lingsir” tampaknya betul-betul percaya diri, film ini bukan hanya layak ditonton oleh khalayak Indonesia tapi juga, oleh masyarakat internasional pecinta film-film bergenre horror. Terbukti, “Lingsir Wengi” dilengkapi dengan English Subtitles scene demi scene dan percakapan demi percakapan. 

Bila diperhatikan, adegan-adegan mencekam “Tembang Lingsir” tak kalah dengan suguhan scene-scene horror film Box Office Hollywood seperti “The Ruins” (2008) dan Evil Dead (2013). Bahkan, Dheeraj Kalwani mengungkapkan, pihaknya sangat puas dengan hasil tangan dingin Rizal Mantovani yang mampu menyuguhkan ‘lebih dari pantas‘ penampakan “Tembang Lingsir” untuk mengoyak-ngoyak dahsyat adrenalin pencinta film horror nasional. Penampakan “Tembang Lingsir” yang penuh puzzle teka-teki mistis di awal tahun depan dalam jaringan bioskop kesayangan, memang cocok 100% bagi para penggemar uji nyali!

Sinopsis

Remaja cantik, Mala (Marsha Aruan) sedari bayi sudah akrab dengan Tembang Lingsir, kidung Jawa yang kerap dinyanyikan ibunya yang tewas akibat insiden kebakaran misterius. Pasca kebakaran dahsyat itu, sepeninggal ibunya, Mala kehilangan suaranya. Mala kemudian dirawat di rumah pamannya, Om Gatot (Teuku Rifnu Wikana) dan istrinya, Tante Gladys (Meisya Siregar) bersama dua anak mereka, Daisy (Aisyah Aqilah) dan adiknya, Ronald.

Sejak insiden kebakaran, awan teror ghaib seolah terus menaungi hidup Mala dan orang-orang disekelilingnya. Apa sebabnya? Betulkah Mala adalah gadis yang hidup dalam kutukan setan? Atau, ada pihak lain yang mengundang kutuk? Siapa yang selamat, Malakah? Atau, orang-orang disekitar hidupnya? Puzzle teka-teki tetap akan menjadi misteri sampai ketemu: 31 Januari 2019!

—–0000—-

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here