Semakin Mendapat Tempat di Kalangan Olahragawan Dunia, POCARI SWEAT Dipercaya Menjadi Official Isotonic Drink Pada SEA Games 2019 

0
101

Jakarta,– POCARI SWEAT mengumumkan keterlibatannya dalam pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA Games 2019, sebagai Official Isotonic Drink. Hal ini membuktikan komitmen POCARI SWEAT sebagai minuman pengganti ion dan cairan tubuh yang senantiasa mendukung para atlet Indonesia. Keikutsertaan POCARI SWEAT sebagai sponsor SEA Games ke-30 ini juga sesuai dengan filosofi korporasi yang akan terus berinovasi menciptakan produk-produk yang bermanfaat bagi kesehatan masyarakat di dunia. Pemgumuman disampaikan dalam kesempatan press conference yang diselenggarakan baru-baru ini (18/11) di Royal Box, GBK Senayan, Ricky Suhendar, Marketing Director PT. Amerta Indah Otsuka memberikan simbolisasi berupa sebuah jaket official sponsor: #PocariSEAGames2019 kepada Dr. Yuni Poerwanti, M.Pd, Plt Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga dan Staf Ahli Bidang Politik, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Acara olahraga akbar ini akan diadakan di Filipina dari tanggal 30 November hingga 11 Desember 2019 dan akan diikuti oleh 11 negara di Asia Tenggara dengan 56 cabang olahraga, 523 nomor kejuaraan, dan lebih dari 10.000 atlet yang turut berpartisipasi. 

“Kami sangat senang POCARI SWEAT dapat mengambil bagian penting dalam salah satu ajang olahraga bersejarah dan terbesar di Asia Tenggara, SEA Games 2019. Tentunya ini adalah perwujudan komitmen POCARI SWEAT, bukan hanya memberikan manfaat kesehatan bagi para atlet dengan produk-produk berkualitas tinggi, tetapi juga sepenuhnya mendukung segala aktivitas olahraga. Setelah mendukung Asian Games beberapa tahun belakangan ini, kami bangga bisa ikut serta dalam SEA Games tahun ini,” ujar Ricky Suhendar.

POCARI SWEAT menggaungkan pesta olahraga dua tahunan ini melalui sebuah kampanye digital di media sosial Instagram @pocarisportid untuk mengumpulkan dukungan kepada tim Nasional Indonesia dengan cara berlari minimal 1 kilometer. Hingga sekarang, kampanye ini telah berhasil menorehkan dukungan lebih dari 2.788 pelari yang merepresentasikan jarak antara Jakarta ke Manila sejauh 2.788 km

Witan Sulaeman selaku Brand Ambassador Pocari Sweat & Tim Nasional Sepak Bola Indonesia, gaungkan kampanye digital PocariSweat dengan berlari 1 kilometer untuk mendukung tim nasional Indonesia.

Brand Ambassador POCARI SWEAT yang juga atlet tim nasional sepak bola, Witan Sulaeman mengatakan “Performa para atlet saat berlaga di ajang sebesar SEA Games bukan hanya ditentukan oleh skill dan latihan panjang, tapi dukungan dari berbagai pihak sangat membantu mentalitas kami ketika bertanding. Saya senang POCARI SWEAT melalui program-programnya mendukung sepenuhnya kami para atlet, sekaligus mengingatkan masyarakat untuk memberi semangat kepada atlet-atlet yang bertanding.”

“Kami berterima kasih kepada POCARI SWEAT atas dukungannya terhadap tim nasional Indonesia yang berlaga di SEA Games. Semoga atlet-atlet Indonesia dapat menunjukkan performa terbaiknya dan membawa pulang banyak medali ke tanah air,” ujar Dr. Yuni Poerwanti, M.Pd yang pada kesempatan tersebut hadir mewakili Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. 

(dari kiri-kanan) Bapak Ricky Suhendar, Marketing Director PT. Amerta Indah Otsuka – Agus Prayogo (Atlet Nasional Lari Jarak Jauh) – Andakara Prastawa (Atlet Nasional Basket) – Emilia Nova (Atlet Nasional Lari Halang Rintang) – Witan Sulaeman (Brand Ambassador Pocari Sweat & Tim Nasional Sepak Bola Indonesia) dan Dr. Yuni Poerwanti, M.Pd – Plt Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga dan Staf Ahli Bidang Politik, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI

Konferensi pers yang diselenggarakan di dalam lingkungan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan ini ditutup dengan pemberian jaket secara simbolis oleh POCARI SWEAT kepada perwakilan atlet yang hadir:

  • Witan Sulaeman, Atlet Sepak Bola
  • Emilia Nova, Atlet Lari Halang Rintang
  • Agus Prayogo, Lari Jarak Jauh
  • Andakara Prastawa, Atlet Basket

***○●○***

 

Tentang POCARI SWEAT

POCARI SWEAT adalah minuman isotonik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setiap harinya. Diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1989 dalam kemasan kaleng 330 ml, dan kemudian tahun 2001 untuk kemasan sachet berisi serbuk 15 gr. Saat ini, ada beberapa varian kemasan POCARI SWEAT yaitu;

  • kaleng 330mL
  • sachet 15 gr
  • sachet 37gr
  • botol PET 350mL
  • botol PET 500mL
  • botol PET 900mL
  • botol PET 2L

Komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan ion yang seimbang, sehingga dapat diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa. Mengonsumsi POCARI SWEAT dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, POCARI SWEAT alami dan terukur, yaitu dibuat tanpa sedikitpun menggunakan bahan Pengawet, Pemanis Buatan, Soda dan Kafein, sehingga dapat dikonsumsi oleh siapa saja dan kapan saja untuk mencegah dehidrasi. Dengan kelebihan tersebut, POCARI SWEAT dapat mengembalikan cairan tubuh secara menyeluruh sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat.

KENAPA PERLU POCARI SWEAT?

Apapun aktivitas yang kita lakukan, baik itu di rumah maupun di kantor, tubuh kita pasti akan mengeluarkan keringat, misalnya ketika kita melakukan pekerjaan sehari-hari seperti memasak, menyetrika, membersihkan rumah, ataupun bekerja di dalam maupun di luar ruangan. Bekerja di ruangan ber-AC seperti di gedung perkantoran juga membuat tubuh kita kehilangan cairan tubuh yaitu melalui pernafasan, urin, dan penguapan melalui kulit. Bahkan ketika sedang tidur pun tubuh akan tetap mengeluarkan cairan sebanyak 350 ml, dimana 1/3 bagian hilang melalui pernafasan dan 2/3 bagian hilang melalui penguapan dari kulit yang diserap oleh kasur, seprai, dan lain-lain. Jika kulit mulai terasa kering itulah tanda bahwa tubuh kita kekurangan cairan. POCARI SWEAT dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang ini karena komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh. 

Tubuh kita paling banyak kehilangan cairan jika kita melakukan aktivitas yang berat ataupun berolahraga. Saat berolahraga, baik melakukan olahraga ringan maupun berat, tubuh akan kehilangan banyak cairan, apalagi jika cuaca panas, kehilangan cairan akan lebih banyak lagi. Jika kehilangan ini tidak diganti maka suhu tubuh akan meningkat dan tubuh akan lebih mudah lelah. Menurut penelitian dehidrasi membuat tubuh lebih cepat lelah. Cairan tubuh juga berfungsi mengatur suhu tubuh, termasuk menormalkan kembali suhu tubuh yang meningkat, dengan cara mengeluarkan keringat. Tubuh yang dehidrasi akan kehilangan kemampuannya untuk mengatur suhu tubuh dan hal ini dapat berakibat fatal. Itulah sebabnya di saat demam, tubuh pun memerlukan cairan tubuh yang cukup agar suhu tubuh dapat terus terjaga keseimbangannya. 

Cairan tubuh memiliki arti sangat penting untuk menjaga kesehatan, karena itu kekurangan cairan tubuh sedapat mungkin harus dihindari. Untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang inilah diperlukan minuman isotonik seperti POCARI SWEAT yang telah teruji aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang, POCARI SWEAT juga dapat menjaga osmolaritas cairan tubuh. 

MENGAPA KITA PERLU MINUMAN ISOTONIK?

Cairan tubuh kita terdiri dari air dan ion, sehingga pada saat kita kehilangan cairan tubuh, artinya kita kehilangan tidak hanya air, tapi juga ion tubuh. Ion memiliki peranan penting dalam mencegah terjadinya kelelahan pada otot (muscle fatigue). Salah satu penyebab kelelahan adalah terhambatnya glikolisis atau pemecahan glikogen (simpanan glikogen) menjadi tenaga. Seharusnya asam laktat dapat digunakan sebagai cadangan tenaga, namun karena tubuh kurang cairan, proses perubahan itu menjadi terganggu.

Minuman isotonik memiliki tekanan cairan yang sama dengan cairan tubuh sehingga sel-sel tubuh kita bisa selalu dalam keadaan homeostasis.

Sel tubuh kita dalam lingkungan yang berbeda; hipotonik, isotonic dan hipertonik, akan memiliki kondisi yang berbeda pula. Bentuk sel yang paling baik adalah dalam kondisi yang isotonik, dimana dalam kondisi di lingkungan hipotonik sel akan membengkak dan pecah dan sebaliknya di lingkungan yang hipertonik sel akan mengkerut dan mati. Selain itu, kandungan ion di dalam minuman isotonik dapat membantu tubuh untuk menahan cairan lebih lama, sehingga tubuh tidak mudah dehidrasi.

 

#PocariSEAGames2019

Apabila membutuhkan informasi lebih jauh, silahkan menghubungi:

Ida Malika

Corporate Communication PT Amerta Indah Otsuka

idayatih@aio.co.id

 

Lolo Sianipar

PR Consultant untuk POCARI SWEAT

Lolo@PiarConsulting.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here