Pernahkah Saat Shalat Sendirian, Ada Hantu yang Menjadi Makmum!?

0
322

Shalat adalah ritual penyembahan kepada Allah dalam gerakan-gerakan tertentu sebagaimana yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Shalat bisa dilakukan sendiri-sendiri bisa dilaksanakan secara berjama’ah dengan dipimpin oleh seorang imam. Adapun orang-orang yang mengikuti Takbir dan gerakan imam, disebut Makmum. Dimana, Makmum merujuk pada orang yang melaksanakan shalat berjamaah mengikuti dan tidak mendahului gerakan Imam pemimpin shalat berjamaah.

Dalam keseharian, tidak sedikit orang yang merasa tidak khusyuk saat melaksanakan salat ketika, mereka mendengar ada suara Takbir mengikuti dibelakangnya seolah ada seseorang yang tengah menjadi makmum. Padahal, sedang tidak solat berjamaah. Seolah ada setan atau hantu yang ikut shalat, ikut pula mengucapkan amiin dan turut bertakbir sebagai awal setiap gerakan shalat!

Fenomena keberadaan sosok ghaib yang menjadi Makmum ini akhirnya, diangkat oleh Produser Dheeraj Khalwani ke dalam layar lebar. Kemarin (15/7), bertempat di Bioskop XXI Metropole -Jakarta Pusat, rumah produksi film Dee Company sukses meluncurkan trailer film bergenre horor berbau mistis ini.

Sosok ghaib yang disebut ‘Makmum‘ oleh para penghuni asrama semakin sering mengganggu sejak Rini (Titi Kamal) menetap kembali di asrama untuk memenuhi permintaan bantuan Ibu Kinanti (Jajang C Noer) yang kesehatannya terus menurun. Namun, laporan para penghuni asrama tentang gangguan ghaib yang dialami tatkala tengah mengerjakan shalat sendirian tidak mendapat respon Rosa (Reny Yuliana), pemimpin asrama yang baru. Ketiga siswi, Nurul (Tissa Bianni), Nisa (Bianca Hello), Putri (Adila Fitri) yang dilarang keluar asrama selama masa liburan karena nilai mereka yang jelek semakin ketakutan dengan semakin sepinya asrama.

Terungkap saat peluncuran, Trailer film ini memuat adegan Ali Syakieb yang mengalami kejadian mencekam sebagaimana yang pernah dialami oleh para penghuni asrama yang lain. Film ini berangkat dari film pendek yang telah ditayangkan di chanel youtube besutan tangan dingin seorang sutradara asal Jogya, Riza Pahlevi. Sementara Sutradara genre horor kawakan Hadrah Daeng Ratu merampungkan versi layar lebarnya.

Film pendek MAKMUM telah meraih serangkaian penghargaan seperti, Direction Special Mention The Crappy International Movies in Sueca (ClM-Sueca) Spanyol, Official Selection Second Asia international (Wenzhou) Youth Short-Film Exhibition. Official Selection IOGJA-NETPAC Asian Film Festival 2016. Best Hamar HELLOFEST 2016 serta Memorable Character POPCON Award 2018

 

Jangan terlewatkan, ‘MAKMUM‘ dijadwalkan tayang serentak di seluruh bioskop di Indonesia pada l5 Agustus 2019!

☆☆☆●●●☆☆☆

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here