#Menstrutalk, Obrolan Awal Ibu Saat Anak Gadis Mulai Pubertas

0
611

    Novita Angie, Selebriti dan ibu dari anak gadis yang jelang pubertas

Bertempat di Aroma Sedap Restaurant Jl. Teuku Cik Ditiro No.43 Menteng, Jakarta belum lama ini (16/12/17), Sangobion Femine MenstruPain bekerja sama dengan Female Daily Network, sebuah komunitas wanita terbesar di Indonesia, menemukan fakta bahwa : Ibu merupakan sumber informasi yang masih tak tergantikan bagi para perempuan muda Indonesia, terutama saat mereka memasuki masa perubahan besar dalam hidupnya. Termasuk di dalamnya adalah saat hari pertama sang anak mengalami menstruasi yang merupakan pertanda memasuki pubertas. Peranan Ibu diharapkan untuk dapat mendampingi dan memberikan edukasi seputar menstruasi dan reproduksi dasar.
Fakta yang mencerminkan kekuatan ikatan antara ibu dan anak ini diperoleh dari survei yang dilakukan di bulan November 2017 kepada lebih dari 1,000 remaja perempuan Indonesia. Dari survei tersebut dijelaskan bahwa 70.7% memperoleh informasi pertama mengenai menstruasi dari ibu, 64.7% perempuan Indonesia merasa nyaman untuk berdiskusi mengenai menstruasi dan reproduksi dengan ibu dan 27.3% di antaranya merasa lebih nyaman untuk membicarakan perihal topik tersebut dengan teman mereka.

Fakta menarik lainnya ditemukan bahwa perihal sanitasi ketika menstruasi (67.7%), fakta dan mitos mengenai menstruasi (65.9%), dan tips untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi (54.9%) menjadi tiga topik utama yang paling dibicarakan ibu dan anak remaja perempuannya.

Anie Rachmayani, Associate Marketing Director Consumer Health, PT Merck Tbk. menjelaskan, “Memperingati Hari Ibu Nasional, Sangobion Femine MenstruPain turut mendukung peran penting para ibu Indonesia, sebagai sumber informasi bagi anak remaja perempuannya, terutama seputar menstruasi dan reproduksi, melalui sesi #MenstruTalk, bagian dari rangkaian kampanye #Menstruactive.”

Elizabeth Santosa M.Psi, Psi, ACC., Psikolog Ahli di Bidang Perempuan menjelaskan, “Memasuki masa pubertas, di mana untuk perempuan, ditandai dengan menstruasi  yang merupakan hal yang besar bagi kebanyakan remaja perempuan. Diperlukan sosok yang paling dipercaya oleh para remaja untuk mendampinginya memasuki masa penting ini. Di sinilah peranan ibu yang tak tergantikan dan juga sebagai wujud ikatan antara ibu dan anak perempuannya. Masing-masing ibu dan anak remaja perempuan memiliki wujud ikatan yang beragam. Bagaimanapun juga, tetap diperlukan adanya pembicaraan dari hati ke hati, termasuk membahas seputar menstruasi dan reproduksi. Para ibu perlu memperhatikan timing dalam memberikan informasi mengenai hal ini kepada anak remaja perempuannya. Para ibu baiknya memulai #MenstruTalk sebelum anak mengalami hari pertama menstruasi.”

Psikolog Elisabeth Santosa menjawab pertanyaan seputar menstruasi

Novita Angie, selaku Selebriti dan Ibu dua anak mengungkapkan, “Sebagai ibu dengan anak perempuan yang akan memasuki masa menstruasi, sesi #MenstruTalk merupakan jawaban dari banyak pertanyaan para ibu yang selama ini kesulitan dalam membicarakan hal-hal yang seringkali masih dianggap tabu, seperti menstruasi dan reproduksi. Saya akan membawa sesi #MenstruTalk ini ke rumah dan mengimplementasikannya bersama Jemima, anak saya, tentunya dibawakan dengan suasana nyaman dan alat edukasi menyenangkan bagi Jemima.”

dr. Yoska Yasahardja, selaku Medical Manager Consumer Health PT Merck Tbk., “Dalam sesi #MenstruTalk kali ini, para ibu dan perempuan muda Indonesia juga dibagikan #menstrubracelet, sebagai alat edukasi dengan cara yang menyenangkan.#Menstrubracelet merupakan gelang berwarna-warni yang mewakili simbol-simbol siklus menstruasi. Tidak hanya untuk keperluan edukasi, #menstrubracelet juga dapat menjadi perekat ikatan Ibu dan anak remaja perempuannya.” dr. Yoska menambahkan, “Kami juga berharap dengan kehadiran menstrubracelet, para Ibu dan anak remaja perempuan dapat meneruskan sesi rutin #MenstruTalk dalam membahas soal menstruasi dan reproduksi.”

“Berdasarkan hasil survei #Menstruactive, kami pun mendapati bahwa tiga solusi untuk menanggulangi menstruasi, yaitu dengan cara istirahat, terapi kompres hangat, dan mengonsumsi herbal. Sangobion Femine Menstrupain, sebagai salah satu produk pereda nyeri saat menstruasi yang berbasis herbal, dapat menjadi pendamping para Ibu dan anak remaja perempuan Indonesia memasuki masa perubahan besar dalam hidupnya agar tetap terus aktif di masa menstruasi,” tutup Anie.

### selesai ###

Tentang Merck

Merck adalah perusahaan sains dan teknologi dalam sektor kesehatan, life science, dan performance materials. Sebanyak 50.000 karyawan di seluruh dunia bekerja untuk mengembangkan teknologi yang dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas kehidupan – dari terapi biofarma untuk pengobatan kanker atau multiple sclerosis, sistem mutakhir untuk riset dan produksi ilmiah, hingga kristal cair untuk smartphone dan televisi LCD.

Pada tahun 2016, Merck menghasilkan penjualan sebesar 15 miliar euro di 66 negara.Berdiri pada tahun 1668, Merck merupakan perusahaan kimia dan farmasi tertua di dunia. Keluarga pendiri masih merupakan pemilik mayoritas dari grup perusahaan publik. Merck, Darmstadt, Jerman, memiliki hak secara global terhadap nama dan merek perusahaan. Pengecualian hanya di Amerika Serikat dan Kanada, dimana perusahaan beroperasi atas nama EMD Serono, EMD Milipore, dan EMD Performance Materials.

Di Indonesia, PT Merck Tbk didirikan pada 14 Oktober 1970. Bertransformasi menjadi perusahaan publik pada tahun 1981, dan merupakan salah satu perusahaan pertama yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Mayoritas saham dimiliki oleh Grup Merck yang berkantor pusat di Darmstadt, Jerman. Untuk informasi lebih lanjuttentang PT Merck Tbk, silakan kunjungi www.merck.co.id

******//******

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here