Mau Bisnis Cepat Berkembang ? Pantau Terus mokapos.com dan sleekr.co!

0
584

Bagaimana bila hari ini, 7,6 milyar manusia yang tinggal diatas permukaan bumi, jika ingin menyalakan api, masih harus bekerja mengadu batu hingga berjam-jam? Tentulah keadaan kehidupan ini menjadi begitu semerawut tak karu-karuan dalam tingkatan yang tidak terbayangkan! Apa sebenarnya yang telah menyelamatkan umat manusia hingga tak terperangkap kesemerawutan tak bertepi? Semua tentulah sepakat, penyelamat itu disebut ilmu pengetahuan dan tekhnologi!

MokaPOS dan Sleekr kedua perusahaan ini bergerak dalam platform bertekhnologi digital. Mulai penghujung abad 20 sampai dengan saat ini, pesatnya kemajuan tekhnologi digital rasanya telah melampaui nalar. Bahkan kini, hanya dengan sentuhan ujung jari dari tempat terjauh sekalipun di ujung Bumi, kita bisa mudah terhubung dengan berbagai aktivitas yang diinginkan.

Bertempat di Cyber 2 Kuningan, Rasuna Said, MokaPOS dan Sleekr baru-baru ini (Selasa, 5/6) membuka rahasia besar melalui S-Talks bincang inspiratif bertajuk #bisnisdibulanbaik “Rahasia Sukses Bisnis Kuliner Kekinian” Dimana, pada bincang-bincang kali ini, hadir sebagai narasumber dua orang pemilik dan sekaligus selaku pelaku langsung yang keduanya memulai bisnisnya dari NOL!

Anthony Lukmawijaya (baju hitam) dan Natanael Winata (baju marun)

Adalah Founder Nutrifi Catering, Anthony Lukmawijaya, seorang pebisnis muda yang sukses membangun jaringan usahanya bersama Sleekr Accounting dan Natanael Winata, Owner Bananugget, seorang muda belia berusia 21 tahun yang menjadi member MokaPOS katagorie Gold Merchant. Bincang-bincang inspiratif ini dihadiri oleh puluhan pelaku dunia UKM (Usaha Kecil Menengah) yang berkeinginan juga agar, bisnisnya dapat melejit dengan pesat pula, sebagaimana kedua narsum dalam menjalankan bisnisnya. Acara yang sarat dengan tips dan trick dalam berbisnis ini dipandu langsung oleh Sandy Suryanto, Chief Commercial officer Officer Sleekr

Secara lebih khusus, #BisnisDiBulanBaik merujuk pada usaha kuliner pada bulan Ramdhan yang penuh berkah. Bila gagal menyikapi datangnya bulan Ramadhan, bukan tidak mungkin, para pelaku usaha kuliner bisa mengalami defisit penjualan yang cukup besar bahkan, bukan mustahil pula sampai menguras permodalan. Bukankah, pada bulan Ramadhan usaha kuliner berhadapan langsung dengan pasar yang tengah menjalankan ibadah puasa?

MokaPOSAppSleekrHrApp

Sleekr Accounting App

Tetapi, bagi Anthony dan Natanael yang telah menjalankan usahanya selama dua tahun, penjualan selama bulan Ramadhan telah dapat disikapi dengan baik melalui berbagai tips. Menganalisa ke arah mana kecenderungan pasar di bulan Ramadhan tengah bergerak, memang merupakan kunci sukses agar bisnis bisa tetap meraup income yang signifikan.

“Pelaku dunia usaha kuliner di saat bulan Ramadhan memang harus cermat menganalisa pasar. Seperti mencermati waktu berbuka, kita bisa memundurkan jadwal kerja karyawan yang otomatis membuat mundurnya jam lembur pula. Disamping itu, sebagai perusahaan catering, kita bisa menghemat cost pengiriman pesanan untuk hidangan berbuka dan sahur sekaligus. Tentu saja dengan varian menu yang berbeda. Khusus untuk bersahur kita siapkan makanan yang tetap lezat dan sehat meskipun, telah beberapa jam disimpan di box lemari pendingin. Inovasi menyediakan makanan bersahur ini sangat memudahkan banyak pelanggan kami. Mereka tidak lagi perlu bangun lebih dini untuk sekedar memasak dan menyiapkan santapan,” jelas Anthony yang telah memiliki pelanggan catering berbayar bulanan lebih dari 200 orang ini.

“Memang omzet mulai normal selepas berbuka namun, pasar makanan ringan bisa mengalami kejenuhan karena orang-orang cenderung makan besar selepas menyantap tajil. Ditiik ini, pelaku bisnis makanan ringan seperti Banana Nugget harus menyikapi dengan inovasi menu-menu bertekstur cantik dan rasa baru yang bisa bikin pasar jenuh menjadi segar kembali melalui promo-promo yang menarik,” sambung Natanael yang kurang dari 2 tahun sukses mengembangkan 36 cabang dengan 20 unit usaha diantaranya dalam bentuk franchise.

“Perlu diingat, sedari awal memasuki bulan Ramadhan, pengusaha sudah harus memikirkan pemberian THR (Tunjangan Hari Raya) selain Gaji, Komisi dan Bonus lain. Sementara, pada bulan Ramadhan hari kerjanya berkurang dengan liburan panjang lebaran. Efektif, waktu untuk meraup omzet maksimal hanyalah berkisar 15 hari atau, cuma setengah bulan. Perlu trick-trick jitu menyikapi kondisi bisnis yang cuma berlangsung singkat dengan pengeluaran berlipat. Pengusaha dapat memberikan promo dalam bentuk potongan harga bila, pelanggan mau melunasi pesanan cateringnya untuk sekaligus 2 atau 3 bulan ke depan. Hal ini berguna untuk mencegah berkurangnya omzet dan menaikan pendapatan pada bulan Ramadhan sekaligus, mengamankan tabungan juga, cadangan permodalan untuk bisnis tetap eksis di bulan-bulan awal pasca lebaran,” papar Anthony mewanti-wanti.

“Sebaiknya juga, untuk pelaku bisnis kuliner makanan ringan yang berhadapan langsung dengan tajil, perlu pula melempar promo seperti, beli 2 gratis 1 atau bagi pembelian dengan nilai sekian-sekian dapat potongan harga dan gratis ongkos kirim. Ini penting karena ternyata, banyak juga lho pelanggan yang ingin pesan untuk dijadikan tajil berbukber,” tambah Natanael.

Ketika ditanyakan, mana yang baik, kelebihan pasokan bahan baku atau kekurangan. Kedua narsum menjawab lebih baik kekurangan stock daripada kelebihan karena bahan baku makanan sehat tidak boleh disimpan berlama-lama. Dan, daripada mencari keuntungan berlebih yang belum jelas melalui stock bahan baku berlimpah, lebih baik pengusaha kuliner mencegah kerugian yang lebih pasti terjadinya karena, rusaknya bahan baku yang disebabkan terlalu lama disimpan.

Banyak lagi tips dan trick yang dibeberkan kedua narsum yang telah sukses berbisnis bersama MokaPOS dan Sleekr na-mun, sebaiknya pengusaha UKM selalu terus memantau strategi pengembangan bisnis melalui website atau aplikasi mobile dari kedua perusahaan startup papan atas Indonesia itu yang selalu mengadakan bincang inspiratif secara berkala. Aplikasi keduanya telah tersedia dalam platform ios maupun playstore dan sudah di download oleh lebih dari 50.000 ribu pengguna. Menginjak sesi penutup, hadir eksekuif muda berbakat, Hilman Desfakhrian Putra selaku Head of Content Marketing PT., moka Tekhnologi Indonesia. Secara singkat, gamblang dan gampang dicerna. Hilman menjelaskan kepada peserta bincang-bincang, apa itu mokaPOS Indonesia mobile App berikut penggunaannya yang mudah, lengkap dan memudahkan para pelaku dunia usaha dalam menjalankan bisnis.

******[]******

Tentang MokaPos (Point of Sale)

Sebuah sistem Point of Sale berbasis Cloud yang telah didowoad oleh lebih dari 50.000 para pelaku dunia usaha untuk membantu mereka dalam menjalankan varian jaringan bisnisnya sehari-hari dengan data yang dapat dilacak secara real time hanya dengan sentuhan ujung jari melalui layar handphone. Cloud merupakan penggabungan tekhnologi komputasi dengan internet sehingga pengguna bisa mengakses kondisi kekinian jaringan bisnisnya dengan piranti lunak atau aplikasi darimana saja dengan dihosting oleh mitra startup seperti, mokapos.

Menerapkan Mokapos, jaringan sistem kasir Anda akan lebih efektif, cepat, mudah dan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan sistem kasir konvensional yang telah dikenal selama ini. Moka POS memberikan Anda kemudahan untuk memantau transaksi secara langsung, mengetahui penjualan dan inventaris, mengatur stok barang, dan melihat laporan usaha Anda secara mudah.

Keunggulan Mokapos;

  • Mencatat metode pembayaran menggunakan uang tunai, mesin EDC, dan segala bentuk pembayaran
  • Mengatur transaksi yang belum selesai (Open Bills)
  • Mengelola beberapa gerai Anda menggunakan 1 akun
  • Mengatur laci uang
  • Mengatur utang piutang
  • Menerapkan potongan/diskon dan pengembalian dana
  • Mengetahui data pelanggan, pembelian mereka sebelumnya, dan masukan dari pelanggan Anda
  • Mengirim bon melalui e-mail dan SMS
  • Membuat akun dan memberikan izin opersional kepada karyawan Anda
  • Mengakses data Anda pada saat itu juga dan riwayat transaksi secara lengkap
  • Mendapat wawasan bisnis untuk usaha Anda melalui Moka dashboard
  • Memantau inventaris secara langsung dan mendapatkan peringatan untuk stok barang yang sudah menipis
  • Terhubung dengan berbagai macam pencetak (Mobile printer, receipt printer, printer tiket dapur dan laci uang)
  • Menerima pembayaran menggunakan kartu debit dan kredit menggunakan Moka mPOS
  • Buat sistem keanggotaan untuk pelanggan dengan Program Moka Loyalty
  • Cetak ringkasan penjualan di akhir shift Anda
  • Buat promo kreatif untuk penjualan misalnya, beli item x dapatkan item gratis y
  • Mengelola pesanan dan pembayaran dari perangkat yang berbeda
  • Menerima pembayaran OVO dan T-Cash tanpa perangkat tambahan apa pun

$$$$$$$$$$$$$

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here