Besok, Astrabi Bekali Silat Betawi Melalui Audio Visual Workshop

Dari generasi ke generasi, silat adalah tradisi asli bangsa yang bangga untuk diwariskan

0
658

Astrabi (Asosiasi Tradisi Silat Betawi Indonesia), besok minggu (1/4/18) akan menghelat “Workshop Videography Silat Tradisi” yang berlokasi di Gelora Cendrawasih Jakbar. Acara ini melibatkan lebih dari 30an perguruan silat asli tanah Betawi dengan total peserta lebih dari 150 jawara silat.

Astrabi sepertinya ingin memberi kejutan pada kalangan dunia persilatan Tanah Betawi khususnya dan, kesenian olah gerak Indonesia pada umumnya. Bagaimana tidak, selama ini workshop yang menyangkut dunia persilatan selalu saja mengenai pengembangan tekhnik ilmu beladiri asli Indonesia tersebut agar terkesan lebih mumpuni dan digdaya dibanding jenis ilmu beladiri dari budaya import.

Berbeda dengan workshop dunia persilatan ala Astrabi ini. Bukan tekhnik silatnya yang ingin dikembangkan tapi, justru penyajian dan tekhnik pendokumentasiannya yang ingin dikembangkan agar, audio visual silat tradisi menjadi semakin artistik, sedap dipandang dan indah ditayangkan.

http://www.infodanproduk.com/wp-content/uploads/2018/03/3-c.jpg
astrabi.org

Sepanjang catatan redaksi, sepertinya ini adalah kali pertama workshop yang melibatkan para jago-jago silat Betawi untuk menjadi jagoan choreography dan videography. Workshop ini akan mengurai dan memberi pencerahan tentang seni pencak silat tradisi yang mencakup koreografi, merancang penyajian festival silat, dan penataan komposisi musik dalam audiovisual.

Mengutip RADARINDONESIANEWS.COM, Ketua Umum Astrabi, Anwar Al-Batawie mengatakan dalam acara ini akan dihadirkan seorang penata musik dan pencak silat tim Indonesia yang pernah ikut serta dalam kejuaraan pencak silat di Belgia dan Thailand. Selain itu akan hadir pula seorang praktisi media televisi nasional,  Yusron Sjarif yang akan membahas materi teknik merekam gambar, editing, dubbing hingga pengisian musik latar.
“Tujuan acara ini diselenggarakan bukan hanya mencakup aspek olah raga, mental spiritual, bela diri, dan seni budaya. Pencak silat juga dapat dinikmati dalam pertunjukan sebuah video sebagai keindahan yang tentunya dikemas dalam koreografi yang baik, penataan musik yang sepandan dan lain sebagainya. Hingga nanti tercipta sentimen, dari generasi ke generasi, silat adalah tradisi asli bangsa yang bangga untuk diwariskan,” tutup Anwar melalui sambungan telephone sebagaimana disadur dari, RADARINDONESIANEWS.COM.

[][][][][][][][][][][][][][]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here