Bekraf Dukung Penuh Keberhasilan IKAPI & KPBA Mengangkat Indonesia Sebagai Country Of Focus Perhelatan Akbar AFCC di Singapura

Jumpa pers Bekraf Indonesia, IKAPI dan KPBA (2/5) Yelo Hotel Jakarta

0
211

Menyambut Festival Buku Bacaan Anak Asia AFCC (Asian Festival of Children’s Content) yang akan berlangsung di Singapura 17 Mei – 21 Mei 2017 yang diikuti oleh puluhan negara-negara dalam lingkar Benua Asia, Bekraf mendukung penuh keberhasilan IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) dan KPBA (Kelompok Pecinta Bacaan Anak) menjadikan Indonesia Country of Focus selama perhelatan buku terbesar se-Asia tersebut. Tidak tanggung-tanggung, AFCC sebagai penyelenggara juga mengadakan beberapa event internasional yang diikuti peserta dari seluruh penjuru dunia, diantaranya ; Konferensi Penulis dan Ilustrator Internasional, Kongres Guru Internasional dan Pertemuan Penyedia Lintas Platform Internasional.

Keberhasilan Indonesia menjadi Country of Focus dalam perhelatan akbar ini dimotori oleh Murti Bunanta, Ketua Umum KPBA sekaligus Board of Advisor AFCC. Bertempat di Yelo Hotel saat presscon yang disponsori Bekraf Indonesia beberapa waktu lalu (2/5) Murti Bunanta menyatakan, “KPBA concern mendorong kekayaan cerita anak Indonesia turut mewarnai cerita-cerita anak dunia. Ini berkaitan erat dengan pendapatan devisa dari hasil ekonomi kreatif khususnya, royalti buku-buku bacaan anak kita yang disadur dalam banyak ragam bahasa dunia. Dan, tidak menutup kemungkinan nantinya akan banyak film-film animasi dunia yang bersumber dari cerita-cerita anak asli karya bangsa kita. KPBA juga memfasilitasi 5 orang awak media dari Indonesia guna mengekspose dan menyiarkan kegiatan-kegiatan yang berlangsung pada stand Indonesia. Pemberitaan akan peran aktif semua stake holders pada stand Indonesia menjadi faktor penting dalam rangka memacu penulis dan kreator Indonesia untuk terus menciptakan karya-karya yang bisa mendunia.”

Sementara, Ketua Umum IKAPI Rosidayati Rozalina pada kesempatan yang sama memaparkan, “Mendukung penuh keberhasilan Indonesia menjadi Country of Focus AFCC, IKAPI menampilkan lebih dari 200 judul buku bacaan anak asli karya penulis, ilustrator dan penerbit Indonesia yang sudah diterjemahkan kedalam banyak bahasa asing sehingga akan memudahkan terjadinya transaksi selama penyelenggaraan AFCC. Tidak hanya itu, IKAPI mempersembahkan karya-karya cerita anak indonesia dalam bentuk film animasi pada stand yang dikerjakan secara khusus oleh pihak Kumata Studio dan Dawn Studio. IKAPI juga memfasilitasi penerbit yang tidak bisa hadir di AFCC dengan menyiapkan promosi pemasaran hak cipta melalui agensi profesional BLA (Borobudur Literary Agency).”

Joshua Puji Mulia Simanjuntak, Deputi IV Bidang Pemasaran Bekraf dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Noviza Temenggung menyatakan, “Terima kasih kepada semua stake holders yang telah terlibat untuk mensukseskan peran Indonesia sebagai Country of Focus dalam AFCC di Singapura. Juga, Deputi IV Bekraf akan terus melanjutkan dan mendukung upaya-upaya untuk mengenalkan sekaligus memasarkan karya-karya penulis, ilustrator dan animator Indonesia ke pentas dunia.”

Ricky Pesik selaku Wakil Kepala Bekraf Indonesia memaparkan, “Kepala Bekraf, Bapak Triawan Munaf melekatkan kesertaan Indonesia dalam AFCC dengan tema – ‘Main : Play & Imagine’- Filosofinya, Main dalam bahasa Inggris berarti utama dan dalam bahasa Indonesia, Main berarti sesuatu kegiatan dalam dunia anak yang menyenangkan. Sementara, Imagine atau imaginasi adalah sebuah bilik atau konsep indah dalam ruang pemikiran manusia yang tanpa batas.”

“Bapak Triawan Munaf dan Duta Besar Indonesia untuk Singapura yang akan langsung hadir untuk meresmikan stand Indonesia. Akan ada Indonesian Night yang menampilkan seni dan budaya Indonesia dengan melibatkan secara langsung 11 orang pelaku seni dari Jakarta, Bali dan Ambon dan Bekraf juga memboyong hasil karya mereka untuk turut dipamerkan disana,” tukas Ricky Pesik menutup presscon sekaligus menjawab pertanyaan awak media yang berkaitan dengan peranan kongkrit Bekraf dalam ajang AFCC nanti.

¤¤¤¤¤¤||¤¤¤¤¤¤

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here