“ZELMIRA” Brand Adi Busana Lokal Go Global Bukti Bakti Pendidikan Djarum Foundation

SMK NU Banat Langkah Awal Menuju Desainer Kelas Dunia

0
768

Hong Kong, 26 Januari 2018 ———- Dengan mengusung tema New-World Explorers, Hong Kong Fashion Week 2018 yang merupakan pekan mode dan pameran dagang berbasis Business to Business (B2B) terbesar di Asia, bahkan terbesar kedua di dunia, telah usai diselenggarakan. Beberapa brand pilihan dan desainer Indonesia diundang untuk turut unjuk gigi di ajang mode internasional paling bergengsi tersebut.

Zelmira yang merupakan brand hasil kreasi siswi-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) NU Banat, Kudus, berhasil meraup sukses dalam ajang bergengsi tersebut. Tentu saja, ini tak lepas dari peran Bakti Pendidikan Djarum Foundation yang telah membina SMK NU Banat dan sekaligus turut memprakarsai lahirnya brand Zelmira.

Seiring dengan memperkuatnya eksistensi Zelmira di pasar dalam negeri, upaya untuk merambah dan penetrasi pada pasar global pun dilakukan. Lebih dari setahun lalu, Zelmira telah berhasil mencuri perhatian di pameran dagang dan fashion show taraf internasional, Centre Stage – Asia’s Fashion Spotlight 2016 di Hong Kong. Sebagai bentuk konsistensi untuk mengembangkan pasar ekspor, Zelmira berpartisipasi dalam pameran dagang taraf internasional Hong Kong Fashion Week 2018 yang telah dilangsungkan pada tanggal 15-18 Januari 2018 di Hong Kong Convention and Exhibition Centre.

Hong Kong Fashion Week 2018 yang memasuki tahun penyelenggaraan ke-49 diikuti lebih dari 1.400 peserta pameran dagang dari penjuru dunia yang mencakup produk dari seluruh mata rantai industri fashion global, mulai produsen garmen, bahan baku, hingga produk jadi seperti aksesori dan busana dari kategori ready to wear sampai high end. Pekan mode yang menghadirkan rangkaian acara meliputi fashion show, pameran dagang, seminar, forum buyer & networking ini dihadiri oleh kalangan buyer dari benua Asia, Australia, Afrika, Eropa, hingga Amerika.

Pertemuan para pelaku industri bisnis fashion dunia di Hong Kong Fashion Week 2018 telah membukukan transaksi dalam jutaan dollar. Mengikuti pameran dagang industri hulu-hilir fashion ini merupakan wadah yang efektif untuk memperkenalkan Zelmira di kalangan buyer dari manca negara dan memperkuat bisnis B2B produsen lokal ke pasar global yang lebih menantang.

Sebagai brand modest wear bergaya urban yang mengangkat inspirasi dari kekayaan kultur Nusantara, Zelmira menghadirkan koleksi Fall/Winter 2018 bertema WETAN Side rancangan dari siswi-siswi SMK NU Banat yang diwakili oleh dua desainer belia yaitu Rania dari siswi kelas XII dan Annida Aulia Rahmalilla siswi kelas XI. Sekitar 80 rancangan yang sarat dengan detail unik dan konsisten membawa konten lokal telah berhasil menarik perhatian buyer internasional dari Perancis, Italy, Austalia , India , Jepang , Turki dan Malasyia yang silih berganti mengunjungi booth pameran Zelmira.

Selama 4 hari gelaran pameran Hong Kong Fashion Week 2018, desainer yang mewakili brand Zelmira tidak hanya bertransaksi dengan buyer namun juga mengikuti Buyer Forum yang di fasilitasi oleh Hong Kong Trade Center dan juga mengikuti rangkaian seminar tentang perkembangan dunia fashion global dengan nara sumber dari tokoh tokoh fashion terkemuka sekaligus juga, menjalin networking dengan media lifestyle dan juga fashion blogger international.

Disela padatnya kesibukan di acara akbar tersebut, dilakukan juga pembuatan foto dan video untuk materi kampanye dan promo produk Zelmira koleksi 2018. Pemotretan behind the labels tersebut, berkonsep street style yang menampilkan gaya hidup keseharian dalam hiruk pikuk keramaian kota Hong Kong yang semakin menegaskan kehadiran Zelmira sebagai merk modest wear yang meski tetap teguh dan konsisten mengangkat konten kultur budaya lokal namun, dapat dengan mudah dan apik untuk melebur dengan kultur urban dimanapun.

Keberhasilan SMK NU Banat di ajang skala internasional ini semakin membuktikan dan membukulan bahwa slogan SMK Bisa bukan hanya khayalan semata. Karya siswi-siswi SMK terbukti, sudah mulai diperhitungkan dalam industri fashion nasional, bahkan yang berskala internasional sekalipun.

¤¤¤[]¤¤¤

Hongkong Fashion Week 2018Zelmira behind the labels

¤¤¤[]¤¤¤

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here