Senayan City dan Bracelet of HOPE Gabung Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks KICKS

Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks dan Bracelet of HOPE Berkolaborasi dengan Senayan City dalam Kegiatan Advokasi kepada Perempuan Indonesia tentang Pentingnya Pencegahan Kanker Serviks

0
361

Jakarta, Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) kembali mengedukasi dan menghimbau perempuan Indonesia dan masyarakat umum tentang pentingnya pencegahan kanker serviks pada 15 Februari, kemarin. Dalam rangka Hari Kanker Sedunia dan masih bagian dari kampanye publik #CegahKankerServiks, KICKS bekerja sama dengan Yayasan Dunia Kasih HarapanBracelet of HOPE” membuka pop-up booth Gelang Harapan Kanker Serviks sepanjang bulan Februari yang mengambil lokasi di Senayan City. Kali ini, sebagai salah satu rangkaian dari kegiatan tersebut, KICKS, Bracelet of HOPE dan Senayan City menggelar program talk show “Kenali Pencegahan Kanker Serviks” yang ditujukan untuk komunitas perempuan.

Kanker serviks memang masih menjadi momok yang menakutkan bagi perempuan. Data GLOBOCAN 2012 menunjukan bahwa lebih dari satu perempuan meninggal setiap jamnya karena kanker serviks dan dilaporkan bahwa terdapat 58 kasus baru setiap harinya. Fakta ini juga menunjukan bahwa kanker serviks masih merupakan salah satu kanker pembunuh paling tinggi di Indonesia. Kurangnya edukasi dan pengetahuan mengenai kanker serviks masih menjadi faktor besar yang menyebabkan masih tingginya angka penderita satu-satunya kanker yang bisa dicegah ini.

Di sela-sela acara, dr. Adriansjah Dara, SpOG, MKes., Ob/Gyn Specialist Siloam Hospital Semanggi mengatakan,Kanker“ serviks bukan karena faktor keturunan, tetapi penyebab utamanya adalah Human Papillomavirus (HPV). Oleh sebab itu, kanker serviks seharusnya bisa dicegah dengan dua cara, yang pertama dengan pencegahan primer melalui vaksinasi HPV dan edukasi kesehatan, serta pencegahan sekunder melalui skrining rutin (Pap Smear, Tes IVA, Tes HPV DNA). Dibutuhkan edukasi yang berkelanjutan kepada masyarakat luas, terutama perempuan Indonesia akan pentingnya langkah pencegahan ini. Memang perlu adanya gerakan-gerakan seperti yang dilakukan oleh KICKS dan Bracelet of HOPE ini untuk memastikan masyarakat lebih peduli dengan masalah ini. Saya juga berharap masyarakat dapat lebih termotivasi dan tergerak untuk segera melakukan tindakan nyata dalam melindungi dirinya, karena bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati.”

http://www.infodanproduk.com/wp-content/uploads/2018/02/IMG_20180217_115438.jpgSelain membuka pop-up booth Gelang Harapan Kanker Serviks di Senayan City, KICKS dan Bracelet of HOPE juga mengajak berbagai komunitas perempuan untuk hadir dalam sesi Talk Show “Kenali Pencegahan Kanker Serviks” yang bertujuan memberikan informasi dan edukasi kepada perempuan Indonesia yang berada di usia produktif akan bahaya dan pencegahan kanker serviks.

http://www.infodanproduk.com/wp-content/uploads/2018/02/2.jpgWulan Guritno, Duta Cegah Kanker Serviks yang juga merupakan artis, selebriti dan Co-Founder Bracelet of HOPE mengatakan, “Talk Show ini adalah salah satu dari rangkaian kegiatan pop-up booth Gelang Harapan Kanker Serviks di Senayan City berlangsung. Hadirnya para komunitas perempuan disini hari ini saya harap tidak hanya dapat teredukasi mengenai bahaya serta pencegahan kanker serviks, tetapi juga mereka termotivasi untuk segera melakukan tindakan pencegahan dan menyebarkan informasi yang didapat hari ini ke khalayak yang lebih luas lagi.”

Diluncurkan pada bulan Desember 2017 lalu, Gelang Harapan Kanker Serviks merupakan kolaborasi antara KICKS dengan Bracelet of HOPE untuk mengajak masyarakat secara aktif berpartisipasi dalam gerakan pencegahan kanker serviks. Gelang Harapan #CegahKankerServiks ini merupakan produksi khusus, karena terbuat dari kain jumputan oleh rumah produksi Ghea Panggabean dengan warna hijau turqoise, yaitu warna resmi gerakan kanker serviks di seluruh dunia, dan dibuat langsung oleh tangan-tangan 20 ibu pengrajin binaan Bracelet of HOPE.

“Melanjutkan upaya dalam terus mengkampanyekan pencegahan kanker servi of HOPE berkolaborasi dengan Senayan City juga bermaksud mengajak masyarakat untuk tergugah hatinya untuk mendukung gerakan #CegahKankerServiks kami melalui Gelang Harapan Kanker Serviks. Gelang Harapan Kanker Serviks ini merupakan persembahan dari kami yang diharapkan dapat meningkatkan kepedulian serta kesadaran masyarakat umum, khususnya perempuan akan kondisi kanker serviks di Indonesia yang semakin mengkhawatirkan,” sambung Wulan.

http://www.infodanproduk.com/wp-content/uploads/2018/02/1.jpgJaclyn Halim selaku Leasing & Mkt. Comm GM Senayan City mengatakan, “Saat ini Isu kanker serviks terus menjadi perhatian yang mengkhawatirkan bagi generasi perempuan Indonesia. Sudah menjadi komitmen kami untuk memberikan serta menghadirkan sebuah program yang bermanfaat bagi masyarakat maupun pengunjung setia Senayan City, seperti edukasi kanker serviks. Kami harap dengan kolaborasi bersama KICKS dan Bracelet of HOPE ini dapat menjadi suatu penggerak serta pengingat akan pentingnya menjaga dan melindungi baik diri maupun keluarga yang kita sayangi. Kami berharap dengan hadirnya Gelang Harapan Kanker Serviks ini juga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk terus mendukung perempuan Indonesia agar terbebas dari bahaya kanker serviks.”

Saat ini, Gelang Harapan Kanker Serviks dapat diperoleh dengan donasi sebesar Rp150.000, dan seluruh hasil donasi yang digalang akan didedikasikan untuk kegiatan-kegiatan sosial terkait edukasi kanker serviks yang dilakukan oleh KICKS dan Bracelet of HOPE. Gelang harapan Kanker Serviks dapat dipesan melalui Whatsapp ke 08980306980 atau di situs resmi Bracelet of HOPE: www.gelangharapan.com sementara apabia ingin mendonasi langsung dari tanggal 5-25 Februari 2018, Gelang Harapan Kanker Serviks dapat diperoleh di pop-up booth Senayan City level 1.

http://www.infodanproduk.com/wp-content/uploads/2018/02/7521009840_IMG_0889.jpgDalam kesempatan yang sama, turut hadir juga Syifa Hadju dan Hannah Al Rasyid yang juga merupakan Duta Cegah Kanker Serviks. Keduanya bergabung sejak Desember 2017 untuk memberikan dukungan langsung terhadap edukasi pencegahan kanker serviks di Indonesia. Hannah mengungkapkan, “Sebagai perempuan yang aktif dengan berbagai kegiatan harian dan lainnya, maupun saya sebagai aktivitis, menyadari bahwa kita harus bertanggung jawab terhadap kesehatan diri kita sendiri. Dan menyadari bahwa kanker serviks merupakan salah satu ancaman terbesar bagi perempuan untuk melakukan apa yang mereka ingin lakukan.”

Dalam memberikan dukungannya, Syifa dan Hannah juga berkesempatan untuk mendapatkan vaksinasi HPV yang langsung diberikan oleh YKI DKI untuk menunjukan pencegahan primer sebagai salah satu solusi terbaik dalam mencegah kanker serviks.

“Saya ingin menyerukan kepada seluruh perempuan Indonesia akan penti langkah preventif dalam mencegah kanker serviks. Maka dari itu, mari kita bergerak bersama melakukan semua ini untuk kepedulian diri mereka sendiri maupun orang-orang terdekat mereka,” tutup Hannah.

¤¤¤¤¤¤[]¤¤¤¤¤¤

Tentang KICKS

Diresmikan pada April 2017 di Jakarta, KICKS merupakan sebuah koalisi yang digagas dan didukung oleh beberapa organisasi non profit baik dari profesi medis dan non medis, sebagai respon proaktif terhadap fakta terkini bahwa kanker serviks telah menjadi salah satu kanker penyebab kematian paling banyak di Indonesia. Secara bersama, organisasi-organisasi pendukung KICKS melakukan sebuah kampanye advokasi publik #CegahKankerServiks yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya para perempuan Indonesia, agar lebih waspada akan bahaya kanker serviks dan melakukan tindakan preventif secepatnya. KICKS digagas pertama kali oleh Himpunan Onkologi & Ginekologi Indonesia (HOGI), yang tergabung dalam Indonesian Working Group on HPV (IWG-HPV), dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI), dan kemudian mendapatkan dukungan penuh dari Yayasan Peduli Kanker Serviks (YPKS), Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP), Kalyanamitra, Yayasan Putri Indonesia (YPI) dan Fatayat Nahdlatul Ulama. Dengan prinsip inklusif dan partisipatif yang kuat, KICKS terbuka dan terus menggalang dukungan dari berbagai kelompok kepentingan dan elemen masyarakat demi upaya bersama mengeradikasi kanker serviks di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut dapat melalui email:
KoalisiCegahKankerServiks@gmail.com Website: www.cegahkankerserviks.org
Facebook: @KICKSCegahKankerServiks
Instagram: @cegahkankerserviks_id
Twitter: @IDKankerServiks

Yayasan Dunia Kasih Harapan “Bracelet of HOPE”

Gerakan @gelangharapan adalah gerakan yang menyebarkan keasadaran akan kanker dan pencegahannya serta semangat harapan dan solidaritas terhadap orang- orang yang terkena kanker dan keluarganya melaui gelang yang keuntungannya disumbangkan ke orang -orang yang terkena kanker dan keluarganya . Gelang solidaritas yang di buat dengan penuh cinta dan harapan adalah hasil kerjasama Yayasan Dunia Kasih Harapan yang didirikan di tahun 2014 oleh 3 sahabat Wulan Guritno, Amanda Soekasah dan Janna Soekasah – Joesoef bekerjasama dengan perancang busana Ghea Panggabean. Kain yang di gunakan adalah kain yang di daur ulang dari sisa produksi kain Jumputan rancangan Ghea Panggabean. “Jumputan” juga disebut “kain pelangi “ dan merupakan simbol Dengan bantuan Trysia Osmon dan team gelang harapan, kami terus menyebarkan semangat harapan hingga hari ini.

Di tahun 2017, Gelang Harapan berkolaborasi dengan Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) membuat gelang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya para perempuan Indonesia agar waspada akan bahaya kanker serviks dan melakukan tindakan preventif secepatnya.

Dengan membeli gelang harapan ini, bersama sama kita mewujudkan bentuk kepedulian, dukungan dan solidaritas terhadap penderita kanker serviks dan keluarganya.

“Semua orang berjuang melawan perangnya masing – masing, jadi senantiasalah berbuat baik”

#gelangharapan #warriorofHOPE #SpreadHOPE #IamHOPE

Website: www.gelangharapan.com
Instagram: @gelangharapan

Tentang Senayan City

–ICONIC LIFESTYLE MEETS SHOPPING AND DINING IN THE HEART OF DYNAMIC CITY–

SENAYAN CITY, an iconic shopping destination that represents the epitome of top tier shopping and lifestyle experiences. Comprising a unique combination of prestigious offices, high-end shopping, entertainment and residences, which the 80.000 square meter complex offers a truly inspiring working, shopping and living, experience.

Established in 2006 as a leading shopping destination, SENAYAN CITY is now the most-visited retail and entertainment destination, which welcomed over 32 million visitors in 2017, with more than 350 stores featuring international premium brands, flagship stores and unique concept stores.

Located in the hearts of Jakarta society and is now leading the category in delivering the capital lifestyle experience to a wide array of shoppers. In addition parking convenience with a total of 4,000 parking lots are provided.

A massive transformation of Senayan City is currently underway, paving the way to welcome over 40 million visitors. Within the first phase transformation, the fashion portfolio of the mall will be strengthened, enhancing the city’s-end highretailofferings and further catering to the international demographics of Jakarta and other domestic tourists.

¤¤¤¤¤¤[]¤¤¤¤¤¤

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here