EU-ASEAN Run “Sepanjang Rute IntiLand – Sekretariat Jenderal ASEAN, Peserta Antar Bangsa Adu Ramah”

0
801

Minggu lalu (7 Mei 2017) saat Car Freeday, Uni Eropa (UE) dan Sekretariat Jenderal ASEAN menghelat untuk pertama kalinya Uni Eropa-ASEAN Fun Run di ibukota Indonesia, Jakarta. Tepat jam 7 di pagi minggu yang cerah itu, Kepala Bagian Kerjasama Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, Franck Viault melepas peserta dengan mengangkat bendera start. Dalam sambutannya sesaat sebelum start, Viault menyampaikan, “EU-ASEAN RUN adalah perwujudan nyata, Indahnya persahabatan dan keakraban antar bangsa-bangsa, khususnya EU dan ASEAN. EU-ASEAN Run.., berlari bersama, sehat bersama dan maju bersama!”

Kegiatan itu telah melibatkan lebih dari 1.700 orang para diplomat Eropa beserta keluarganya dan warga negara-negara yang tergabung dalam ASEAN yang berlari santai pada sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan Sisingamangaraja. EU-ASEAN Run mengambil tempat start dari Loby Gedung Inti Land, di bilangan Karet, Sudirman. Peserta menempuh rute sepanjang jalan Sudirman, melintasi Benhil, Semanggi, Polda Metro, Bundaran Patung Pemuda Senayan, Masjid Agung Al-Azhar dan Finish di Gedung Sekretariat Jenderal ASEAN (persimpangan jl. Sisingamangaraja dengan jl. Trunojoyo) perempatan CSW Kebayoran Baru, Jaksek.

Khusus pada pelaksanaan tahun ini, kalender tahunan Fun Run Uni Eropa-ASEAN yang diselenggarakan di Jakarta minggu lalu itu, dalam rangka memperingati “3 HUT bersejarah” yaitu :

  1. 40 tahun kemitraan Uni Eropa-ASEAN.
  2. 50 tahun berdirinya ASEAN
  3. 60 tahun Perjanjian Roma untuk pembentukan Uni Eropa

“Fun Run Ini adalah contoh yang sangat konkret pertukaran orang ke orang antara warga negara-negara ASEAN dan Uni Eropa. Ini adalah sebuah karya nyata, kedekatan ASEAN-Uni Eropa. Peserta dapat berbagi keanekaragaman kekayaan budaya masing-masing, beramah tamah sepanjang rute bahkan, hingga finish ada bazar bersama, konser musik dan saling mencicipi masakan khas,” ujar AKP Mochtan, Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN dalam kesempatan menyambut peserta yang telah tiba di garis finish.

“Uni Eropa-ASEAN Run adalah cara yang mengagumkan untuk merangkul kontak dari orang-ke-orang yang merupakan bagian inti dari Uni Eropa-Indonesia serta hubungan Uni Eropa-ASEAN. Ini telah membawa kita bersama-sama untuk menjalankan, atau berjalan, mempelajari lebih lanjut tentang Uni Eropa dan ASEAN, dan untuk menikmati masakan dari masing-Asia Tenggara dan negara-negara anggota Eropa. Semoga EU-ASEAN selalu bersama dalam tujuan baik,” urai Francisco Fontan, Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN.

Lingkaran Kerjasama Perempuan ASEAN, para peserta EU-ASEAN Run berhasil mengumpulkan sumbangan lebih dari 75 juta rupiah untuk Empat yayasan yang mendukung kesejahteraan anak-anak kurang beruntung di Indonesia :

  1. Yayasan Al Ikhwan, menyediakan pendidikan dasar bagi anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah atau anak-anak tidak memenuhi syarat untuk Program sekolah gratis DKI
  2. Yayasan Onkologi Anak Indonesia
  3. Yayasan Kanker Anak Indonesia
  4. Yayasan Mpati, memberikan kesadaran autisme dan pelatihan kepada orang tua berpenghasilan rendah yang memiliki anak autis

Uni Eropa-ASEAN Run diselenggarakan dalam rangka Bulan Eropa 2017. Sepanjang 2017, akan ada acara di seluruh Eropa dan Asia Tenggara untuk menandai “3 Hut Bersejarah”, termasuk kampanye, pertukaran seni budaya, seminar, pameran, konser, konferensi, dan kegiatan lainnya.

00 ######## 00

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here