Disambut Le Luong Minh, Jokowi Hadiri Peringatan 50th ASEAN

0
284

Presiden Joko Widodo, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat disambut hangat Sekjend. ASEAN Le Luong Minh ditemani Deputy Sekjend ASEAN AKP. Mochtan dan para Duta Besar dari 10 negara anggota ASEAN beserta puluhan diplomat utusan negara-negara lain sahabat ASEAN ketika, menghadiri peringatan 50 tahun berdirinya ASEAN di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan bahwa dewasa ini, tindak kejahatan seperti terorisme dan penyelundupan narkoba tidak lagi mengenal batasan negara. Kejahatan lintas batas negara ini menjadi tantangan bersama negara-negara ASEAN untuk bisa mengatasinya bersama.

Menlu RI Retno Marsudi tengah dicecar awak media di Sektetariat Jenderal ASEAN (jumat, 11/8)

Sementara, dihadapan awak media Menlu Retno Marsudi memaparkan, “ASEAN telah menjadi komunitas yang disegani di dunia dengan pertumbuhan ekonomi regionalnya yang lebih tinggi daripada pertumbuhan rata-rata ekonomi dunia. Berkisar 7%!  Ini didapat dari kondisi ASEAN yang selama ini tercipta stabil. Sebagaimana amanat Presiden, narkoba dan terorisme menjadi tantangan persahabatan ASEAN. Jangan sampai kejahatan lintas batas itu bisa merusak kestabilan yang berakibat pada terganggunya kemajuan ekonomi regional ASEAN.”

Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat tengah dikerumuni diplomat

Djarot Saiful Hidayat yang sempat dikerumuni para diplomat sepertinya mampu mencuri perhatian. Djarot terlihat cerah tanpa sedikitpun terkesan risau meskipun, jabatannya sebagai Gubernur DKI sebentar lagi akan berakhir. Tak sedikit tamu-tamu ASEAN dalam dan luar negeri yang meminta kesediaan Djarot untuk berphoto bersama.

Photoboth berlatar belakang para penandatangan piagam berdirinya ASEAN

Ada hal istimewa pada peringatan berdirinya ASEAN kali ini. Ada photobooth berlatar para penandatangan piagam ASEAN lengkap dengan untaian kata-kata mutiara mereka yang terkenal. Dari Indonesia penandatangan berdirinya ASEAN di bangkok pada 8 Agustus 1967 diwakili oleh mendiang Adam Malik.

Piagam Asli berdirinya ASEAN 8/8/67

Beberapa berkas perjanjian kesepakatan asli yang pernah ditandatangani  juga tak luput dipamerkan. Termasuk Piagam Pendirian ASEAN asli. Tak luput, juga dipamerkan maket penambahan Gedung Sekretariat ASEAN tahun anggaran 2018. Bila diperhatikan, Gedung Sekretariat ASEAN nanti akan berbentuk seperti logo organisasi ini.

Maket penambahan dua unit Gedung Sekretariat ASEAN yang terintegrasi

Pembangunan Gedung ASEAN yang baru akan menempati eks lahan kantor Walikota Jakarta Selatan yang berlokasi di jalan Trunojoyo. Sejak 19 Maret 2003, Kantor Walikota Jakarta Selatan telah berpindah ke jalan Prapanca Raya dan diresmikan oleh Sutiyoso yang ketika itu tengah menjabat Gubernur DKI.

Le Luong Minh (jas hitam dengan bunga kuning disaku) yang ditemui awak media sesaat usai melepas Presiden Joko Widodo meninggalkan Gedung Sektetariat Jenderal ASEAN

Sementara, Sekjend. ASEAN Le Luong Minh yang dijumpai usai melepas Presiden Jokowi di Lobby Gedung Sekretariat ASEAN berharap, “Negara-negara anggota ASEAN harus bekerjasama lebih erat, solid dan kuat karena semua tahu, bahwa ASEAN berada di bawah naungan satu atap. Tidak boleh terpecah belah dalam menghadapi setiap isyu dan tantangan kini maupun di masa depan. Sebagaimana yang dikatakan tadi oleh Presiden Indonesia, ASEAN harus tetap berjalan bersama untuk menciptakan ekosistem perdamaian dan semakin kokoh menjaga stabilitas. Itu berarti, ASEAN harus mampu secara elegan mengatasi adanya rivalitas geopolitik, masalah perbatasan ASEAN dengan tetangganya, terorisme global dan peredaran narkotika serta obat-obatan terlarang.”

********#####******

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here