JOHNSON’S® Kembali Pecahkan Rekor MURI Untuk Katagorie Pijat

0
166

Masih segar dalam ingatan, beberapa waktu lalu (7 Juli 2018) PT. Johnson & Johnson Indonesia melalui produk untuk segmen bayi dengan merk unggulannya, JOHNSON’S®  menggelar ‘Gerakan Pijat Bayi Nasional’, pijat bayi terbesar dengan total peserta 565 ibu-ibu Indonesia – termasuk para ibu dengan bayi berusia maksimal 9 bulan serta ibu hamil. Gerakan pada tempo itu mendapat dukungan publik bahkan termasuk, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. JOHNSON’S® sukses menorehkan rekor baru MURI (Museum Rekor Indonesia) untuk Pijat Bayi Terbesar di Indonesia dengan peserta para ibu-ibu. Sebelumnya, rekor MURI ini juga terakhir dipegang oleh JOHNSON’S® pada tahun 2005 lalu dengan 524 ibu yang ikut serta berpartisipasi. Dan pada Oktober 2017 lalu, JOHNSON’S® bahkan berhasil mencetak rekor baru GUINNESS WORLD RECORDS untuk ‘Pijat Bayi Terbesar’ dengan 629 bidan peserta.

Lakish Hatalkar, Presiden Direktur PT. Johnson & Johnson Indonesia pada kesempatan pemecahan rekor MURI terbaru mengatakan, “Sebagai perusahaan global yang berfokus pada produk bayi selama lebih dari 125 tahun, Johnson & Johnson melalui merek unggulannya, JOHNSON’S®, senantiasa berkomitmen dalam mendukung kesehatan bayi. Rekor baru MURI untuk pijat bayi terbesar dengan 565 peserta yang terdiri dari para ibu ini, tentunya menjadi bukti komitmen jangka panjang kami dalam membantu bayi memiliki kesempatan hidup yang sama melalui pijat bayi yang terbukti mendatangkan berbagai manfaat, baik bagi emosional maupun fisik sang bayi.”

“Johnson & Johnson Indonesia sangat bangga dapat menerima penghargaan dari MURI. Kami berharap, pengetahuan dan informasi yang dibagikan hari ini dapat disampaikan lebih lanjut kepada lebih banyak ibu-ibu di Indonesia. Tidak hanya di Jakarta, kami juga melakukan ‘live streaming’ yang diikuti peserta di kota-kota lain,yaitu Medan dan Surabaya. Tentunya, pencapaian ini akan memotivasi kami dalam memberikan yang terbaik, tidak hanya dalam inovasi dan produk tetapi juga pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat luas, sehingga bayi-bayi kita hari ini dapat tumbuh secara optimal serta memiliki kesempatan hidup yang lebih baik, tetap tumbuh dan berkembang sehingga di masa mendatang dapat turut berkontribusi bagi pembangunan negara,” tambah Lakish.

Masih merupakan bagian dari program ‘Sentuhan Cinta’ yang mulai dikampanyekan pada bulan Mei – Juni 2018 lalu, Gerakan Pijat Bayi Nasional merupakan upaya realisasi JOHNSON’S® dalam mendorong para ibu di Indonesia untuk memberikan sentuhan cinta mereka kepada bayinya melalui pemberian pijatan. Pijat bayi sendiri telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan perkembangan bayi serta ibu.

Menanggapi fakta tersebut, dr. Fitri Hartanto, SpA (K), Instruktur Utama Pelatihan Stimulasi Pijat Balita dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menjelaskan, “Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan bayi dari pijatan yang diberikan oleh orangtua. Apalagi periode neonatal 0-28 hari merupakan masa yang sangat penting bagi kelanjutan perkembangan bayi. Pada periode ini, pijat bayi yang dilakukan secara rutin dapat membantu bayi untuk tumbuh dan berkembang secara optimal serta memberikan berbagai manfaat lain seperti memperkuat ikatan emosional atau bonding antara bayi dan orang tua, meningkatkan nafsu makan dan berat badan bayi, melancarkan saluran pencernaan dan pernapasan bayi, kekebalan tubuh meningkat dan tentunya bayi makin ceria karena menurunkan hormon stres.”

“Pijat bayi dapat dilakukan saat pagi dan sore hari sehabis atau sesudah mandi selama kurang lebih 15-20 menit dengan minyak bayi atau losion bayi. Namun, yang orangtua perlu perhatikan adalah kondisi bayi dan orangtua ketika memijat. Kondisi yang paling baik adalah ketika bayi dan orangtua yang siap (siap waktu, siap perhatian dan siap komunikasi) sehingga terbangun hubungan emosional saat pijatan berlangsung. Untuk semakin menambah ikatan yang terjalin, orangtua juga jangan lupa untuk mengajak berbicara atau mengobrol dengan bayi mereka untuk memberikan stimulasi multisensori yang optimal,” tambah dr. Fitri.

Ritual pijat sendiri merupakan bentuk sentuhan yang memberikan kombinasi efektif dimana stimulus fisik dan perhatian penuh dapat bermanfaat bagi kesehatan yang optimal. Melalui teknik pemijatan yang sederhana, sentuhan penuh cinta dan harapan dapat membantu pertumbuhan bayi dari segi sosial, emosional, kognitif dan fisik.

Fika Yolanda, Marketing Manager JOHNSON’S® Indonesia menambahkan, “Melalui penelitian dan studi ilmiah, kami bekerja sama dengan para dokter dan ahli kesehatan dimana kami terus berinovasi untuk selalu memberikan yang terbaik. Sudah sejak lama, JOHNSON’S® telah melakukan berbagai advokasi kepada publik mengenai pentingnya pijat bayi, bersama UKK Tumbuh Kembang-Pediatri Sosial IDAI, sejak tahun 2012 kami bersama-sama mengembangkan Modul Pelatihan Stimulasi Pijat Bayi yang secara resmi diluncurkan pada tahun 2013. Teknik pijat bayi ini juga telah diverifikasi secara ilmiah dan merupakan satu-satunya teknik pijat bayi yang disahkan resmi oleh UKK Tumbuh Kembang-Pediatri Sosial dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan teknik yang sama juga diterapkan dalam modul pijat bayi oleh Kementerian Kesehatan.”

Fika mengatakan, “Gerakan pijat bayi yang kami lakukan hari ini dengan ibu-ibu Indonesia juga merupakan upaya JOHNSON’S® untuk mendukung ‘Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga’ yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Hari ini, dengan pemecahan rekor MURI untuk Pijat Bayi Terbesar telah menjadikan sebuah pencapaian terbaru untuk komitmen kami dalam membantu bayi dan orangtua mendapatkan kualitas terbaik dalam hidup.”

Pada kesempatan yang sama, Dr. dr. Ina Rosalina, Sp.A(K), M.Kes, MH. Kes, Direktur PelayananKesehatan Tradisional Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan, “Kami sangat tersentuh dengan upaya para ibu Indonesia yang telah bersedia hadir dan mengikuti acara hari ini, serta memberikan dukungan dan menunjukkan semangat untuk belajar lebih banyak tentang pijat bayi. Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga adalah salah satu program dalam mewujudkan Nawa Cita yang kelima, bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dan generasi penerus bangsa agar lebih baik lagi di masa depan. Sentuhan cinta ibu khususnya pijat bayi memiliki manfaat yang tidak hanya membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi, tetapi juga meningkatkan ikatan antara bayi dan orangtua. Semoga edukasi mengenai pijat bayi yang diterima hari ini dapat menjadi kebiasaan yang membudaya di masyarakat sehingga bayi Indonesia dapat tumbuh kuat, sehat dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.”

Awan Rahargo, Senior Manager MURI juga memberikan pernyataannya di sela-sela acara, beliau mengungkapkan, “Saya sangat menghargai upaya para ibu yang hadir dan juga Johnson & Johnson Indonesia untuk membantu bayi-bayi di Indonesia memiliki kualitas hidup yang lebih baik melalui ritual pijat bayi. Saya sekarang secara resmi mengumumkan bahwa JOHNSON’S® berhasil memecahkan rekor MURI dalam acara Gerakan Pijat Bayi Nasional dengan peserta pijat bayi terbanyak di Indonesia yaitu 565 peserta. Rekor untuk pijat bayi hari ini menjadi langkah dan motivasi baru untuk terus mendukung kesehatan dan kelangsungan hidup bayi. Kami berharap dengan pengetahuan yang didapat hari ini, para ibu dan bahkan orangtua lainnya di Indonesia dapat termotivasi dalam memberikan bayi mereka kesempatan yang sama untuk tumbuh kuat dan sehat dengan memberi mereka sentuhan cinta melalui pijat bayi.”

•••••[][][][][][][][]•••••

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here