Workshop Videography Dari ASTRABI Untuk Lestari Silat Tradisi

0
283

Jakarta, Sebagaimana yang telah diinfokan sebelumnya (Klik Disini), bertempat di Gelora Cendrawasih Cengkareng, Jakarta Barat,  ASTRABI (Asosiasi Silat Tradisi Betawi Indonesia) menggelar WORKSHOP VIDEOGRAPHY SILAT TRADISI sepanjang hari minggu kemarin (1/4/18). Diikuti oleh ratusan peserta dari puluhan perguruan silat tradisi, workshop berlangsung atraktif dan interaktif.

http://www.infodanproduk.com/wp-content/uploads/2018/04/20180401_102956.jpg
penggiat Silat Tradisi Berphoto bersama

Bukan hanya dari tataran tanah Betawi, peserta juga datang dari berbagai daerah antara lain, dari Sunda, Jawa, Madura bahkan, dari bumi rencong, Atjeh. Pada workshop ini peserta yang mewakili perguruan silatnya masing-masing dibekali pengetahuan agar gerakan silat tradisi yang mematikan, dapat terlihat indah bila disajikan dalam bentuk photography ataupun audio visual dimana lantunan musik yang sepadan ternyata juga dapat mempengaruhi kesan yang diterima oleh para penonton video.

Acara dibuka bersama oleh Ketua Umum ASTRABI; Anwar Al Batawir, Ketua Umum LKB (Lembaga Kebudayaan Betawi); Beki Mardani, Ketua Umum RMB (Rumpun Masyarakat Betawi) Ali Alathos dan, Sekdis Pariwisata Prop.DKI Jakarta mewakil Kadis Pariwisata Prop.DKI Jakarta; Tinia Budiati. Turut hadir menyaksikan, Ketua Umum Bamus Betawi; Zainuddin MH, SE.

Selaku Ketum ASTRABI, Anwar Al Batawie dalam sambutannya menyatakan, “ASTRABI memprakarsai workshop audio visual Silat Tradisi ini agar, image gerakan ataupun jurus silat yang terkesan menakutkan berubah citranya menjadi, gerakan indah berdaya seni tinggi yang patut dibanggakan dari generasi ke generasi.”

Sementara, Beki Mardani Ketum LKB dalam sambutan susulan mengajak masyarakat penggiat silat tradisi untuk dapat mengambil manfa’at dari diselenggarakannya workshop. “Tingkatkan terus kemampuan seni photography dan videography, agar Silat Tradisi bisa menjadi kebanggaan daerah masing-masing. Bila, Silat Tradisi sudah dicintai maka, seni asli bangsa ini mustahil tidak abadi,” tukas Beki yang disambut tepuk tangan meriah ratusan peserta workshop.

Ali Alathos; Ketum RMB, ketika ditemui di sela acara mengungkapkan, “Seperti daerah lain di Indonesia, Silat Tradisi di Tanah Betawi ini, bertebaran disetiap perkampungan dengan aneka ragam jurus-jurus yang berbeda. Namanya juga Silat Tradisi, selama ini memang dikembangkan dengan cara tradisionil baik melalui perguruan terbuka maupun melalui turun temurun. Melalui workshop ini RMB bersama ASTRABI mengajak penggiat seni tradisi ini untuk bisa lebih profesional dalam pendokumentasiannya maupun dalam penyajian di berbagai pentas. Melanjutkan workshop ini mudah-mudahan dalam waktu dekat, kami juga akan mengadakan Lomba Photography dan Jurnalistik Seni Silat Tradisi.”

http://www.infodanproduk.com/wp-content/uploads/2018/04/20180401_134454.jpg
Pakar Photography dan Videography Seni Silat Tradisi Parso Adiyanto tengah memberikan sesi “Penyajian Silat dalam Festival”

Mencermati besarnya animo peserta yang datang dari berbagai wilayah tanah air, Anwar Al Batawie seusai melepas Ketua Umum Bamus Betawi meninggalkan lokasi,  mengungkapkan, “Desakan yang cukup gencar sudah datang kepada saya untuk mendirikan organisasi baru sebagai wadah berhimpunnya Pecinta Photography dan penggiat Seni Silat Tradisi se-Indonesia. Mungkin dalam waktu dekat, saya dan rekan-rekan yang mendukung akan mendirikan Organisasi Photography dan Silat Tradisi Nusantara. Segera selepas workshop ini, kami akan menggodok pendirian organisasi yang dimaksud.”

Photo Kiri : Ketum Bamus Betawi, H. Zainuddin (Pangsi Hitam) berpose bersama Ketum ASTRABI, Anwar Al Batawie (Pangsi Putih) Gelora Cendrawasih (1/4); Photo Kanan Anwar Al Batawie ketika diwawancarai

Niat baik Anwar Al Batawie dan rekan-rekan penggiat Silat Tradisi sudah selayaknya didukung oleh pemerintah, masyarakat Indonesia dan mass media. Bangsa ini akan sangat rugi bila suatu saat nanti Silat Tradisi menjadi tamu asing di negeri sendiri.

*******00000*******

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here